Viral, Fadli Zon Tunggak Listrik Rp 4,6 juta

Metrobatam, Jakarta – Rumah Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Cimanggis, Depok, viral disebut menunggak listrik hingga Rp 4,6 juta. Seperti apa suasana di sana?

Rumah milik Fadli Zon itu terletak di Jl Bumi Cimanggis Indah Blok B1, Tapos, Kota Depok. Fadli sendiri mengakui rumah itu miliknya, namun tidak ditempati. Rumah itu pernah ditempati adiknya, lalu dijadikan rumah kreatif.

Saat dikunjungi pada Selasa (17/3) pukul 19.00 WIB, rumah itu terlihat sepi dan tertutup pagar tinggi. Listrik di rumah itu menyala.

Sebuah truk bertulisan ‘GERINDRA’ terparkir di garasi rumah. Ada pula ruangan bertulisan ‘Fadli Zon Library’ di dekat pos satpam. Ruangan itu terkunci.

Bacaan Lainnya

Salah satu penjaga rumah yang enggan menyebutkan namanya membenarkan rumah itu milik Fadli Zon. Ia mengatakan rumah itu adalah perpustakaan dan dihuni oleh empat penjaga rumah itu. “(Fadli Zon) ke sini mah jarang, sebulan sekali juga jarang,” katanya.

Sementara itu, Ketua RT 3 Andrian mengatakan rumah kreatif itu berdiri sejak sekitar dua tahun lalu. Dia juga memastikan rumah berukuran sekitar 400 meter persegi itu milik Fadli Zon.

Andrian menceritakan warga pernah meminjam rumah itu untuk rapat RW. Meski begitu, dia tidak tahu persis isi rumah itu.

“Kita nggak tau juga isinya (isi rumah itu). Kan kita waktu rapat RW cuma di ruang tamunya. Kalau perpustakaan umum dia bikin di dekat rumahnya yang dekat pos satpam,” kata Adrian saat ditemui di rumahnya.

Kabar rumah Fadli Zon di Cimanggis menunggak listrik ini viral di media sosial lewat foto data pelanggan dan meteran listrik yang disegel. Disebutkan bahwa tunggakannya sebesar Rp 4.649.080.

Saat dimintai konfirmasi, Fadli membenarkan alamat yang tertulis dalam foto yang beredar memang rumah miliknya. Namun rumah tersebut tidak dia tempati.

“Rumah saya di Cibubur. Ya, mungkin saja. Itu rumah saya yang ditempati adik saya dulu,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (17/4).

Beredarnya foto tersebut kemudian mengundang komentar para netizen. Salah satunya menyindir dengan menyebut Fadli berutang ke PLN. Fadli pun kemudian menanggapi komentar netizen tersebut dengan berkelakar.

Fadli menyatakan tunggakan listrik sebesar Rp 4.649.080 rumah itu telah dibayar. “Sudah dibayar. Saya juga nggak tahu, kok tagihan itu bisa viral,” kata Fadli.

Disebutkan Fadli, pembayaran tunggakan listrik itu diurus oleh staf yang biasa mengurusi rumah di kawasan Cimanggis, Depok, tersebut. Menurutnya, tunggakan itu terjadi lantaran staf rumah tersebut lupa.

“Yang biasa bayar itu staf saya. Staf saya kelupaan, biasa. Karena kalau yang lain pakai one bill, ini kelupaan dua bulan kemudian (meteran listrik) disegel, ya tapi sudah dibayar,” sebut Wakil Ketua DPR RI itu.

Namun Fadli menyebut tak pernah menempati rumah itu. Rumah di bilangan Cimanggis tersebut dijadikan sebagai Rumah Kreatif sejak 2013.

“Saya nggak pernah nempatin rumah itu. Dari dulu saya dedikasikan buat Rumah Kreatif. Jadi itu Rumah Kreatif Fadli Zon, saya resmikan 5 November 2013. Saya nggak pernah tinggal di situ, tapi itu rumah yang saya beli pertama tahun 1996,” jelasnya. (mb/detik)

Pos terkait