2 Santri di Ibun Bandung Terpapar Difteri, Ponpes Diisolasi

Metrobatam, Bandung – Dua orang santri salah satu pondok pesantren di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jabar terjangkit virus difteri. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung mengisolasi ponpes tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana membenarkan kejadian tersebut. “Benar ada dua orang, saat ini sudah berada di RSHS Bandung,” katanya via pesan singkat, Kamis (23/8/2018).

Bacaan Lainnya

Grace mengaku pihaknya sudah mendapatkan laporan tersebut. Kedua korban itu merupakan santri perempuan berusia 17 tahunan.

“Identitas tidak dapat kami sebutkan karena itu masuk kode etik kami. Korbannya perempuan, usia sekitar 17 tahun. Dua-duanya,” ungkap dia.

Akibat dari kejadian itu, pihaknya mengisolasi pesantren tersebut dan melarang penghuni ponpes keluar atau warga masuk ke lingkungan ponpes.

“Sedang kami tangani, sudah kami beri obat. Diisolasi dulu agar tidak ada penyebaran virus. Virus tersebut bisa tersebar melalui pembicaraan,” jelas dia.

Diakuinya virus difteri ini masuk dalam status kejadian luar biasa (KLB). “Iya, yang penting keselamatan nyawa (korban) dulu,” kata Grace. (mb/detik)

Pos terkait