Catatkan Sejarah, Indonesia Juara Piala AFF U-16

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi (belakang, keenam dari kiri) bersama pemain, pelatih, dan ofisial Timnas U-16 Indonesia melakukan selebrasi setelah Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018 usai mengalahkan Timnas U-16 Thailand melalui babak adu penalti dalam laga final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) malam ( Foto : Tribunnews.com)

Metrobatam.com, Sidoarjo – Tim sepak bola nasional Indonesia U-16 Indonesia mencatatkan sejarah dengan merebut gelar juara Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Timnas U-16 Thailand lewat drama adu pinalti 4-3 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu malam.

Selain gelar juara Piala AFF U-16 pertama untuk Tim Nasional Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri juga menjadi pencetak gol terbanyak dalam gelaran pertandingan sepak bola tingkat ASEAN itu.

Bacaan Lainnya

Bagus mengoleksi total 12 gol sejak pertandingan babak penyisihan Grup A pada 29 Juli.

Pada babak pertama menit ke-4 pertandingan final Piala AFF U-16, Muhammad Supriadi melakukan tendangan ke arah gawang lawan tetapi masih bisa ditangkap kiper Thailand Anuchid.

Bagus hampir mencetak gol dengan memanfaatkan umpan Andre pada menit ke-14 tetapi masih terkena tiang gawang Thailand.

Pelatih Fachri Husaini lantas menarik Amanar digantikan Fajar Fathur Rachman pada menit ke-17.

Pada menit ke-27, umpan satu-dua antara Bagus dan Supriadi berhasil menembus pertahanan Thailand. Namun, umpan terakhir Bagus yang terlalu deras lebih dekat ke pelukan kiper Thailand.

Akhirnya Fajar Fatchur Rachman berhasil membuat gol pada menit ke-32 setelah mendapatkan umpan lambung dari Andre. Dengan sekali sentuhan kaki berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Indonesia. Skor bertahan hingga babak pertama usai.

Tertinggal satu gol membuat tim Thailand berusaha keras menyamakan kedudukan pada babak kedua. Thanarin Thumsen dan kawan-kawan terus menggempur sisi kiri pertahanan Indonesia.

Namun, upaya itu masih bisa dimentahkan oleh anak-anak asuh Fachri Husaini.

Tim Garuda Muda lalu menarik Andre dan digantikan Lestaluhu pada menit ke-68.

Pada menit ke-72, Thailand berhasil mengejar ketertinggalan setelah Apidet Jangnam tanpa penjagaan pemain Indonesia dengan mudah menyontek bola ke gawang Ernando. Skor imbang 1-1.

Fachri kemudian memasukkan Zico, mengganti Fajar Fathur Rachman untuk menambah kekuatan di lini depan Indonesia.

Hanya saja sampai akhir babak kedua, kedudukan seri 1-1 masih bertahan dan dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Berikut para pencetak gol tendangan adu penalti tim Indonesia dengan tim Thailand,

Tim Indonesia: Sutan Digo Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, David Maulana
Tim Thailand: Thanarin Thumsen, Anuca Sodri, Kithippong.

(Antara)

Pos terkait