Gubernur Aichi Jepang Minta JK Buka KJRI dan Rute Pesawat

Metrobatam, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan Gubernur Prefektur Aichi, Jepang, Hideaki Ohmura di kantornya, Senin (20/8). Dalam kunjungan tersebut, Hideaki meminta JK mempertimbangkan pendirian Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Aichi seiring banyaknya jumlah penduduk Indonesia di kawasan tersebut.

“Masyarakat Indonesia di daerah kami ada lebih 6.500 orang, itu terbanyak di Jepang. Maka kami minta dukungan bapak wakil presiden untuk pendirian KJRI di Aichi,” ujar Hideaki seperti dalam keterangan tertulis.

Bacaan Lainnya

Terlebih, lanjutnya, saat ini ada lebih dari 250 perusahaan asal Aichi yang berinvestasi di Indonesia. Menanggapi permintaan itu, menurutnya, JK berjanji akan membicarakan pendirian KJRI dengan pihak Kementerian Luar Negeri RI.

“Saya juga sudah menyampaikan surat resmi tadi,” katanya.

Selain pendirian KJRI, Hideaki juga mengusulkan pembukaan rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Aichi menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Ia menyatakan akan bertemu dengan pihak Garuda untuk membahas rute penerbangan tersebut.

“Kami minta dukungan dan bantuan dari bapak wakil presiden untuk memfasilitasi hal tersebut,” ucap Hideaki.

Kunjungan Hideaki ini diketahui bukan yang pertama kali. Ia mengaku telah empat kali bertemu dengan JK. Pertemuan pertama dilakukan pada 2008 ketika dirinya masih menjadi anggota parlemen. Kemudian pertemuan selanjutnya dilakukan pada 2015 dan 2016 di kantor wakil presiden.

“Jepang dan Indonesia memang sahabat sejati, sangat penting hubungannya dan harus ditingkatkan hubungan kerja sama,” katanya. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait