Jokowi: Ayo Sukseskan Asian Games dan Asian Para Games!

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan DPR RI hari ini. Jokowi berharap Indonesia sukses besar di Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Asian Games 2018 digelar dua hari lagi. Ini menjadi kesempatan kedua Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia itu.

Bacaan Lainnya

Seperti pelaksanaan Asian Games 1962, Asian Games kali ini juga dipusatkan di kompleks Gelora Bung Kanro (GBK), Senayan. Itu didukung dengan kawasan Jakarta lainnya, Jawa barat, serta Palembang.

“Kita juga harus ingat bahwa dua hari lagi Indonesia akan mendapat kesempatan emas untuk kembali memukau dunia dengan keunggulan dan prestasi Indonesia melalui Asian Games 2018, ajang olahraga terbesar di Asia. Setelah penantian 56 tahun, tahun ini adalah kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games yang akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Asian Para Games,” kata Jokowi di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (16/8).

“Di dua ajang tersebut, putra putri Indonesia akan berjuang untuk mengibarkan sang Merah Putih, bertanding untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya, berlaga untuk keharuman bangsa Indonesia,” Jokowi menambahkan.

Asian Games 2018 inni spesial dengan besarnya jumlah peserta. Kendati saat ini berfokus kepada Asian Games, Jokowi juga meminta agar Asian Para Games mendapatkan dukungan yang sama.

“Kita akan menjamu kontingen dari 45 negara, melibatkan lebih 11.000 atlet dan 5.500 ofisial, terbesar sepanjang sejarah Asian Games. Sementara, Asian Para Games akan menghadirkan lebih dari 5.000 anggota kontingen. Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia bekerja bersama untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games agar sukses sebagai tuan rumah dan sukses dalam prestasi,” Jokowi mengungkapkan.

“Sebagai bangsa yang besar, sebagai salah satu mutiara terindah di Asia dan dunia, Indonesia harus menggunakan Asian Games dan Asian Para Games untuk menunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik, bangsa yang berprestasi, bangsa juara, dan menjunjung tinggi fair play. Kita tunjukkan bahwa Indonesia siap menjadi yang terdepan dalam mengangkat posisi Asia di dunia,” tutur Jokowi.

Obor Asian Games Tiba di Jakarta

Sementara itu Obor Asian Games 2018 tiba di Kantor Lurah Tanah Sereal, Jalan KH Moh Mansyur, Jakarta Barat. Obor itu langsung disambut Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Pantauan detikcom, obor itu tiba pukul 13.20 WIB. Kamis (16/8). Obor dibawa oleh rombongan dengan iring-iringan mobil.

Warga dan pelajar yang sudah menunggu di lokasi juga menyambut kedatangan obor. Para siswa yang berbaris di pinggir jalan mengibarkan bendera kecil saat obor tiba.

Tarian tradisional Betawi juga ikut memeriahkan kedatangan obor. Mereka beraksi sesaat sebelum rombongan pembawa obor tiba di Kantor Lurah Tanah Sereal.

Di Kantor Lurah, obor diserahkan ke Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Dia langsung mengangkat obor dan memamerkan kepada warga.

Obor tersebut lalu diserahkan kepada pelari yang akan membawa obor ke rute yang ditentukan. Rencananya, kirab obor di Jakarta Barat ini akan berakhir di Lapangan Fatahillah, Kota Tua.

Disambut Kepala Bappenas, Obor Asian Games Tiba di Jakarta BaratFoto: Obor Asian Games tiba di Jakarta Barat. (BIl Wahid-detikcom)

Selain pelari, komunitas pengendara motor gede (moge), dan vespa juga ikut dalam rombongan. Mereka berada di belakang pelari yang membawa obor Asian Games 2018. (mb/detik)

Pos terkait