Kawasan Bromo Membeku, Embun Salju Selimuti Dedaunan

Metrobatam, Probolinggo – Cuaca ekstrem hingga menyentuh angka 2 derajat celcius terjadi di kawasan obyek wisata Gunung Bromo, Jawa Timur. Dinginnya suhu yang ada di daerah setempat membuat tanaman maupun lahan pertanian warga membeku, seakan tengah diguyur hujan salju.

Seperti yang diungkapkan Winarni (27), salah seorang warga Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Winarni mengatakan, suhu dingin hingga membeku sudah terjadi sejak 4 hari terakhir.

Bacaan Lainnya

“Sudah 4 harian seperti ini dinginnya, padahal biasanya tidak. Semoga tidak terus-terusan, takutnya mengganggu ke kesehatan,” kata Winarni, Sabtu (4/8).

Winarni melanjutkan suhu mulai sangat dingin ketika sudah berada di pukul 00.00 dini hari hingga 06.00 WIB. “Mulai terasa dinginnya saat menjelang pagi pak sampai matahari terbit,” kata Winarni.

Untuk kondisi terparah, terjadi di areal Kaldera lautan pasir Gunung Bromo. Dinginnya suhu membuat sebagian pasir berubah menjadi butiran-butiran menyerupai salju.

Fenomena itu sempat diabadikan menggunakan kamera video oleh Kepala Pos Pengamatan Gunung Bromo, Ahmad Subhan, yang diunggahnya ke YouTube. Dalam video berdurasi sekitar 51 detik itu, terlihat rumput dan ilalang, di sekitar Pos Pengamatan Gunung Bromo, daunnya memutih tertutup embun yang beku.

Sebagai informasi pos pantau Gunung Bromo berjarak sekitar 3 kilometer dari puncak kawah Gunung Bromo. Tepatnya di atas dinding kaldera lautan pasir, yang disebut dengan kawasan Mentigen. (mb/detik)

Pos terkait