Polisi Bubarkan Pertemuan Kelompok Separatis Papua Barat

Metrobatam, Jakarta – Polisi membubarkan kegiatan kelompok separatis yang menamakan diri Pemerintahan Sementara Negara Republik Federal Papua Barat. Spanduk-spanduk di lokasi kegiatan disita.

“Saya sudah dapat laporan dari Polda Papua, itu sudah didatangi petugas kemudian spanduk-spanduk disita,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/8).

Read More

“(Spanduk-spanduk) Itu kan sudah memprovokasi masyarakat,” sambung dia.

Setyo mengatakan, simpatisan kelompok ini membubarkan diri setelah didatangi polisi. Situasi di Abepura, Papua, saat ini kondusif. “Mereka membubarkan diri. Jadi sudah tidak ada masalah,” ujar Setyo.

Setyo mengatakan tidak ada perlawanan dari kelompok tersebut saat polisi melakukan pembubaran. Kepolisian sudah mengetahui inisiator kegiatan tersebut. “Nggak ada (perlawanan). (Yang menginisiasi kegiatan) Sudah tahu,” ujar dia.

“Informasi dari (Polda) Papua tidak ada (yang diamankan) karena kemarin sudah kita ambil baliho, langsung bubar. Mereka belum berkegiatan, kita sudah dapat info lebih dulu,” imbuh dia.

Sebelumnya beredar selembar surat undangan pertemuan di Papua Barat. Pembuat surat mengatasnamakan dirinya Perdana Menteri Pemerintahan Sementara Negara Republik Federal Papua Barat Yoab Syatfie.

Dalam surat, tertulis adanya undangan untuk menghadiri pengumuman pemerintahan sementara Negara Republik Federal Papua Barat. Tertulis, surat itu ditujukan kepada pimpinan NRFPB dan rakyat Papua Barat, serta bersifat penting.

Kegiatan dalam surat itu disebutkan diselenggarakan pada Selasa (31/7) pukul 11.00 WIT hingga selesai di halaman Uncen Lama, samping Auditorium Abepura. (mb/detik)

Related posts