Wouw! Chef Ini Goreng Tempura dengan Tangan Telanjang di Minyak Panas

Metrobatam, Jakarta – Tidak hanya di Indonesia saja yang goreng pisang pakai tangan. Jepang juga punya atraksi goreng tempura di minyak panas, dengan tangan kosong.

Indonesia punya Tante Nou, penjual pisang goreng asal Makassar yang mampu memnggoreng pisang dengan tangan kosong. Aksi Tante Nou viral, dan mengundang banyak perhatian di media sosial karena tangannya sering dicelupkan ke minyak panas saat menggoreng pisang.

Read More

Ternyata di Jepang juga ada atraksi yang sama. Awalnya seorang pengguna Twitter @Yuku1991, membagikan foto-foto dari gerai tempura favoritnya yang bernama Tenkin, di stasiun Hamamatsu, Jepang. Dalam kunjungannya itu, ia membagikan video pendek yang mempertunjukkan aksi sang pemilik menggoreng tempura dengan tangan kosong, ke dalam minyak panas.

Dilansir Sora News24 (19/08), video itu menunjukkan sang chef yang memiliki mangkuk berisi kuning telur, dan butter tempura untuk melapisi udang. Dengan handal ia melapisi udang, lalu memasukannya ke dalam minyak panas dengan tangan kanannya.

Banyak netizen Jepang yang terkejut dengan aksi ini, dan beberapanya lagi heran mengapa sang chef tangannya tidak melepuh atau terbakar. Tapi ada seorang netizen dengan akun @taiyakiudon memberikan penjelasan.

Ia menjelaskan bahwa ini dinamakan efek Leidenfrost, yang ditemukan oleh seorang ilmuwan di abad 18. Penemuan ini menjelaskan bahwa ketika cairan mendekati cairan lain yang lebih panas dari titik didih cair, makan akan menghasilkan uap yang menyebabkan efek isolasi.

Tangan chef itu dilapisi adonan tempura yang relatif dingin, sehingga permukaan kulit tangannya tidak rusak, karena terlapisi cairan yang melindunginya saat berada di dalam minyak panas. Meski begitu akun Taiyakiudon berkata, bahwa aksi ini tidak boleh dicoba di rumah karena sangat berbahaya.

Ada batas waktu berapa lama lapisan adonan akan menjaga tangan tetap aman. Alasan lainnya mengapa tangan chef itu tidak melepuh atau terbakar, karena chef tersebut memiliki gerakan yang cepat dan sudah terlatih.

Meski digoreng menggunakan tangan, tapi hasil tempura di Tenkin selalu diminati banyak orang. Apalagi setelah aksi menggorengnya kini menjadi viral. (mb/detik)

Related posts