Ketahui 8 Hal Ini untuk Persiapan Seleksi CPNS 2018, No. 5 Paling Penting

Metrobatam, Jakarta – Seleksi CPNS 2018 gelombang ketiga akan segera digelar. Anda yang berniat jadi PNS, sudah melakukan persiapan sejauh apa? Meski kadang tes seperti ini bisa dipengaruhi keberuntungan, persiapan ilmu dan kemampuan yang matang tentu perlu diutamakan. Wolipop pun mewawancarai para PNS dan CPNS dari berbagai lembaga yang sudah lolos seleksi sebelumnya. Berdasarkan pengalaman mereka, berikut beberapa persiapan tes CPNS 2018 yang harus dilakukan:

1. Pahami Persyaratan

Read More

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai persiapan seleksi tes CPNS 2018 adalah memahami persyaratan. Sebelum mendaftar, coba ketahui dengan baik apa saja yang diminta dari setiap instasi karena bisa saja berbeda satu sama lain. Jangan samapai Anda tidak lolos kualifikasi karena kurang melengkapi persyaratan.

2. Sesuaikan Jurusan Kuliah dengan Kementrian

Disarankan untuk menyesuaikan jurusan kuliah dengan lembaga yang dituju dalam persiapan seleksi CPNS 2018. Hal tersebut penting dilakukan karena setiap instansi cukup ketat mengenai persyaratan ini.

“Jangan daftar yang bukan peruntukkan jurusan kamu karena itu rigid banget. Misalnya (jika yang diminta) Ilmu Komunikasi itu bukan Komunikasi Pemasaran, itu dua hal yang berbeda. Nggak bisa nyerempet-nyerempet jadi pastikan jurusan kamu adalah jurusan yang diminta,” ungkap Novita Indah Nugraheni yang bekerja untuk Kementrian Pariwisata.

3. Tentukan Instansi yang Tepat

Novita pun menekankan pentingnya menentukan instansi yang tepat. Apalagi tahun ini, para pendaftar hanya bisa memilih satu lembaga yang ingin dituju. “Jadi benar-benar harus tentuin satu instansi yang kamu merasa paling suka, paling berminat, dan mau nggak mau harus menghitung kans,” tambah Novita yang dihubungi Wolipop pada Rabu, (26/9/2018).

4. Menghitung Kans

Seperti yang dikatakan Novita sebelumnya, penting pula untuk menghitung kans Anda untuk masuk dan diterima dalam instansi tersebut. Karenanya, ketahuilah berapa formasi yang diterima di setiap lembaga, terutama yang ingin dilamar sebagai bahan pertimbangkan.

5. Latihan Soal

Latihan soal tentu menjadi salah satu persiapan seleksi CPNS paling penting. Dengan berlatih, Anda paling tidak mengetahui soal-soal seperti apa yang akan dihadapi dan bisa mempelajarinya lebih dalam lagi. Para PNS yang sudah lolos tes seleksi CPNS pun memiliki pengalaman yang berbeda. Untuk CPNS Rido Aprianda yang bekerja di Kementerian Sosial, ia hanya berlatih lewat situs dan aplikasi.

Namun PNS lain seperti Akhlaqul Karima yang bekerja untuk Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengaku berlatih soal dari buku-buku seleksi CPNS yang banyak dijual di toko buku sangatlah membantu.

6. Perluas Wawasan

Selain berlatih soal, menurut Akhlaqul Karima penting untuk memperluas wawasan mengenai berbagai hal. “Beli buku (latihan seleksi CPNS) saja cukup, perluas wawasan, banyak dengar berita, harus update wawasan kebangsaan atau kondisi pemerintahan,” kata wanita yang bekerja sebagai Kepala Sub Bidang Perencanaan PNS itu.

7. Pelajari Kementerian

Persiapan seleksi CPNS 2018 ini juga tidak boleh dilewatkan. Yakni mempelajari dengan baik seperti apa kementerian yang ingin dilamar. Selain bisa meningkatkan kans diterima, hal ini penting dilakukan agar Anda tidak ‘blank’ atau merasa salah masuk ketika benar-benar bekerja di sana.

“Belajar juga pengetahuan tentang instansi yang dilamar, jadi nggak nge-blank karena ada gambaran nanti kalau lulus gue kerja sebagai apa, instansinya concern di bidang apa, jangan sampai menyesal karena asal melamar tahunya nggak sesuai harapan,” ungkap Karima.

Hal serupa juga diungkapkan Novita yang mengatakan, “Pahami betul kementerian atau lembaga yang dituju, seperti visi misi scoop pekerjaannya seperti, apa yang dituju di kementrian itu.”

8. Persiapkan Mental, Doa, dan Jaga Kesehatan

Mental dan semangat yang kuat juga merupakan salah satu persiapan seleksi CPNS 2018 yang penting Anda lakukan. Disarankan untuk tetap bersikap positif selama menjalani berbagai tes dan persiapan. Hal terakhir yang bisa dilakukan sebagai pesiapan seleksi CPNS 2018 adalah berdoa. Hal ini pasti menjadi salah satu hal yang disarankan semua PNS yang telah lolos tes seleksi CPNS. Begitu juga dengan menjaga kesehatan yang tentu berpengaruh besar dalam persiapan dan tes CPNS. (mb/detik)

Related posts