Tes DNA Korban Lion Air Ditargetkan Rampung Akhir Pekan Ini

Metrobatam, Jakarta – Tim Disaster Victim Investigation (DVI) Polri disebut akan mulai menyelesaikan hasil tes DNA penumpang Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada akhir pekan ini.

Wakil Kepala RS Polri Kramat Jati Kombes Pol Haryanto mengatakan pihaknya butuh 4 hingga 8 hari untuk mendapatkan hasil tes DNA dari sebuah sampel tubuh.

Read More

“Kemarin kita hitung kemungkinannya [selesai] Sabtu sore atau Minggu,” ujar Haryanto dalam jumpa pers di RS Polri, Jakarta, Jumat (2/11).

Tim DVI secara bertahap telah mengirim sampel dari bagian tubuh korban ke uji laboratorium asam deoksiribonukleat (DNA) sejak Selasa (30/10). Alhasil, identifikasi korban pun akan dilakukan secara bertahap.

Sedikitnya ada 24 kantong jenazah yang berisi bagian tubuh yang diterima oleh tim DVI di hari pertama evakuasi. Jumlah itu berangsur bertambah menjadi 65 kantong jenazah per Jumat ini.

Tim DVI sendiri telah mengumpulkan data pra-kematian antemortem dari 189 korban dan 152 di antaranya sudah diambil sampel DNA dari pihak keluarga.

“Jadi yang duluan diperiska itu yang sampelnya antemortem duluan. Yang dari lapangan itu menyusul di hari kedua,” imbuh Haryanto.

Untuk sementara waktu, korban kecelakaan Lion Air JT610 yang sudah berhasil diidentifikasi adalah Jannatun Cintya Dewi, perempuan asal Sidoarjo.

Selain itu, tim DVI kesulitan mengungkap identitas penumpang lainnya dalam waktu singkat karena informasi yang terkandung di bagian tubuh, seperti sidik jari dan gigi, terbilang minim. Tim DVI pun mengandalkan tes DNA untuk identifikasi bagian jasad penumpang yang ditemukan. (mb/detik)

Related posts