Man City vs Leicester: Gol Kompany Antar Citizens Kembali Puncaki Klasemen

Metrobatam, Jakarta – Manchester City selangkah lebih dekat ke tangga juara. Gol tunggal Vincent Kompany memenangkan mereka 1-0 atas Leicester City dan kembali memuncaki klasemen.

Menjamu Leicester di Etihad Stadium, Selasa (7/5/2019) dinihari WIB pada laga pekan ke-37 Premier League, City dibuat kerepotan. Pertahanan rapat Leicester membuat dominasi City tak berbuah apapun pada babak pertama.

Kebuntuan baru pecah di menit ke-70 lewat sepakan deras Kompany dari luar kotak penalti. Itulah satu-satunya gol di pertandingan ini.

Namun satu gol tersebut sudah cukup untuk City kembali memuncaki klasemen. Dengan tambahan tiga poin, Sergio Aguero dkk mengoleksi 95 poin yang mana satu poin di atas Liverpool.

Bacaan Lainnya

Persaingan gelar pun akan ditentukan di pekan terakhir, di mana City menghadapi Brighton and Hove Albion dan Liverpool melawan Wolverhampton Wanderers. Sementara itu, Leicester tertahan di posisi sembilan dengan 51 poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan permainan terbuka dari kedua tim. City mencoba menguasai permainan, sementara Leicester menunjukkan potensi dengan kecepatan transisinya.

Ricardo Pereira menusuk dari kiri untuk Leicester pada menit ke-9 dan melepaskan tembakan. Vincent Kompany memblok bola sehingga tak mengarah ke gawang.

Gantian City mengancam dua menit kemudian. Phil Foden lolos dari pengawalan dan menerima umpan di dalam kotak penalti. Sepakannya masih tepat ke arah kiper dan mudah ditangkap Kasper Schmeichel.

Leicester punya peluang di menit ke-15. Youri Tielemans mendapatkan ruang tembakan dan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun bola masih relatif lemah untuk untuk menaklukkan Ederson Moraes.

City mengklaim penalti di menit ke-22, yang tak diberikan oleh wasit. Raheem Sterling menusuk dari kiri dan menyontek bola, yang dinilainya mengenai lengan Jonny Evans. Mike Dean tak sepakat dan membiarkan laga berjalan.

City nyaris memetik keunggulan di menit ke-32, saat tandukan Aguero menyambut sepak pojok mengarah ke gawang. Schmeichel sigap menepis bola tepat sebelum melintasi garis dan tak ada gol.

Dua menit berselang, gantian David Silva menebar ancaman untuk tim tamu. Sepakan first time-nya dari depan kotak penalti tipis saja ke samping kanan gawang.

Bernardo mendapatkan bola di depan kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar. Upayanya masih bisa dihentikan Schmeichel. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Sterling membuang peluang di menit ke-53, kala bola liar jatuh kepadanya di tengah kotak penalti. Meski tak terkawal ketat, sundulan Sterling melambung.

Semenit kemudian Bernardo melepaskan percobaan, yang masih melambung jauh dari gawang. Sepakan Ilkay Guendogan dari luar kotak penalti terlihat lebih mengancam, tapi masih tipis saja di sisi kiri gawang.

Serangan balik cepat Leicester nyaris berujung fatal untuk City pada menit ke-64. James Maddison menerima bola dari Harry Maguire dan melepaskan tembakan melengkung yang berakhir tipis di kanan gawang.

GOL! City memecah kebuntuan di menit ke-70. Vincent Kompany menaklukkan Schmeichel lewat tendangan keras dari luar kotak penalti, yang bersarang di pojok kanan atas gawang.

City mulai memainkan tempo permainan, tapi kemudian nyaris kecolongan di menit ke-87. Choudhury menusuk dari kiri dan memberikan umpan terukur ke Kelechi Iheanacho. Dalam posisi bebas, Iheanacho mengirim tendangan ke samping kiri gawang. Sampai pertandingan tuntas, tak ada gol lain tercipta.

Susunan pemain:

Man City: Ederson, Walker, Kompany, Laporte, Zinchenko, Silva (John Stones 91′), Gundogan, Foden (Leroy Sane 56′), Bernardo Silva, Aguero (Gabriel Jesus 87′), Sterling

Leicester: Schmeichel, Ricardo Pereira, Evans, Maguire, Chilwell, Ndidi, Albrighton (Demaray Gray 85′), Tielemans (Barnes 75′), Choudhury, Maddison (Iheanacho 80′), Vardy. (mb/detik)

Pos terkait