Sidang MK Selesai, Jokowi Bakal Temu ‘Kangen’ dengan Prabowo?

Metrobatam, Jakarta – Wacana pertemuan antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto sampai saat ini masih abu-abu. Namun, bukan tidak mungkin pertemuan keduanya bisa segera dilakukan selepas sidang Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membuka kemungkinan, pertemuan antara Jokowi dan Prabowo digelar usai sidang selesai.

Muat Lebih

“Bisa juga [setelah selesai sidang putusan sengketa Pilpres]. Makin cepat makin bagus,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Beberapa waktu lalu, Jokowi mengaku saat ini belum memikirkan tempat yang pas untuk melakukan pertemuan empat mata dengan Prabowo selepas KPU merilis hasil akhir rekapitulasi tingkat nasional, 21 April 2019.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi kepada awak media di sela-sela kunjungan kerja peninjauan Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat, (14/6/2019), seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

“Ya, di manapun bisa. Bisa dengan naik kuda, bisa. Bisa di Yogya, bisa. Bisa naik MRT (moda raya terpadu), bisa,” kelakar Jokowi.

Pernyataan Jokowi memang merespons usulan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X agar segera dilakukan rekonsiliasi antara pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi dan KH Ma’ruf Amin dengan pasangan capres dan cawapres 02 Prabowo dan Sandiaga Uno.

Namun, Moeldoko menegaskan pertemuan antara Jokowi dan Prabowo hanya tinggal menunggu waktu yang tepat. Jokowi, sambung dia, tetap mengedepankan semangat rekonsilisasi pascapesta demokrasi.

“Yang penting semangatnya untuk melakukan rekonsiliasi itu tidak akan pernah pudar, enggak pernah berhenti. Kalau kapannya kan tinggal nunggu waktu. Tapi semangat Pak Jokowi untuk membangun komunikasi itu kan yang perlu dilihat,” tegasnya.

Sebagai informasi, terakhir kali Jokowi dan Prabowo bertatap muka, yakni pada debat pamungkas Pilpres 2019. Pascapengumuman hasil rekapitulasi suara hingga saat ini, keduanya belum bertatap muka. (mb/cnbc indonesia)

Loading...

Pos terkait

Booking.com