Kepala Bappenas dan Menteri PUPR Duduk Bareng Bahas Pindah Ibu Kota

Metrobatam, Jakarta – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono duduk bareng membahas rencana pemindahan ibu kota negara.

Acara tersebut digelar dalam rangka Dialog Nasional III: Pemindahan Ibu Kota Negara. Tema yang diambil adalah Menuju Ibu Kota Masa Depan: Smart, Green, Beautiful, and Sustainable.

Read More

Dalam pembukaannya, Bambang ingin menggarisbawahi bahwa yang dibahas adalah rencana memindahkan ibu kota negara yang benar-benar dibangun dari nol.

“Ibu kota yang disusun dari nol, dibangun di tanah kosong yang belum ada apa-apa. Bukan memindahkan ke suatu kota yang eksisting,” kata dia saat membuka dialog di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (1/7/2019).

Pemerintah pun telah mempelajari rencana pemindahan ibu kota ini dengan mencontoh sejumlah negara, mulai dari Brazil, Australia, hingga negara tetangga yaitu Malaysia.

Dari mempelajari negara-negara yang telah lebih dulu memindah ibu kota, Bambang menegaskan bahwa ibu kota negara yang baru akan fokus menjadi pusat pemerintahan.

“Kota yang kita bangun memang harus fokus pada pusat pemerintahan sehingga kotanya terkendali, terutama pengembangannya,” tambahnya. (mb/detik)

Related posts