Warga Tumpah ke Jalan, Jokowi: Selamat Jalan Mr Crack

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan salam perpisahannya kepada BJ Habibie. Ia pun menyapa Presiden RI ke-3 itu dengan salah satu julukannya, Mr Crack.

“Pada acara yang khidmat ini, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berterima kasih dan memberikan penghormatan yang tinggi atas dharma bakti almarhum yang tinggi kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi saat sambutan dalam prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Muat Lebih

Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan Habibie agar arwah almarhum diterima dan diberi tempat terbaik di sisi Allah. Presiden juga mendoakan agar Habibie husnul khatimah sesuai dengan amal ibadah dan perjuangannya kepada Indonesia dan dunia.

“Kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan semoga Allah senantiasa memberikan ketabahan dan kesabaran serta menerima kepergian almarhum dengan ikhlas dan tawakal,” ucap Jokowi.

“Dengan meminta rida Allah, marilah kita lepas kepergian Bapak BJ Habibie menghadap Allah dengan tenang, dengan diiringi doa semoga Allah menerima amal ibadah almarhum dan mengampuni segala khilaf dan salah beliau,” lanjutnya.

Jokowi lalu mengucapkan selamat jalan kepada Habibie. Ia menyapa Habibie dengan julukan Mr Crack. Julukan tersebut didapat Bapak Teknologi Indonesia itu karena penemuannya di dunia penerbangan, yakni crack progression theory alias teori Habibie.

Atas kontribusi besar darinya di dunia penerbangan, Habibie mendapat julukan Mr Crack. Teori tersebut dipakai untuk memprediksi crack propagation point, atau letak awal retakan pada pesawat, terutama sayap yang merupakan struktur penyangga. Dengan begitu bisa menahan tekanan, apalagi saat pesawat lepas landas (take off), mendarat (landing), dan mengalami turbulensi.

Untuk diketahui, Habibie menghasilkan temuan itu saat usianya masih 32 tahun. Ia berhasil membuat perhitungan sangat detil, sampai ke tingkat atom.

“Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu: Jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tetapi terjunkan diri ke nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan di dunia,” tutup Jokowi.

Warga Tumpah ke Jalan

Sementara masyarakat antusias melihat iring-iringan jenazah Bacharuddin Jusuf Habibie yang dibawa dari rumah duka di Jalan Patra Kuningan ke TMP Kalibata, Jakarta.

Pantauan CNNIndonesia.com, banyak warga yang ingin melihat iring-iringan jenazah Habibie ketika melintas di Jalan H. R. Rasuna Said. Mereka berbondong-bondong mendatangi tepi jalan, lalu memperhatikan iring-iringan. Dari mulai pegawai kantor, pedagang kaki lima, hingga warga biasa yang tinggal di sekitar jalan Rasuna Said.

Mereka bersama-sama menunggu mobil jenazah Habibie melintas. Saat waktunya tiba, mereka tampak diam. Matanya terpaku pada mobil yang membawa jenazah Habibie.

Ada yang merekam dengan telepon selulernya masing-masing. Ada pula yang hanya melihat iring-iringan saja. Meski tak bisa melihat langsung jenazah Habibie karena berada di dalam mobil, mereka tetap antusias untuk menunggu iring-iringan.

Sempat terlihat kepadatan di beberapa titik di Jalan HR Rasuna Said. Namun tidak sampai mengganggu laju iring-iringan jenazah Habibie. Petugas juga sigap mengatur lalu lintas.

Selain iring-iringan jenazah, warga juga antusias melihat iring-iringan Presiden Joko Widodo yang tengah menuju TMP Kalibata melalui Jalan Tol Dalam Kota. Mereka tampak berlarian ke pinggir tol dalam kota di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (mb/detik/cnn indonesia)

Loading...

Pos terkait

Booking.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.