Roma Vs Milan: Gol Dzeko & Zaniolo Menangkan Giallorossi

Roma – AS Roma memetik poin penuh kala menjamu AC Milan dalam lanjutan Liga Italia. Roma menang 2-1 berkat gol Edin Dzeko dan Nicolo Zaniolo.

Duel Roma vs Milan di pekan kesembilan Liga Italia digelar di Stadion Olimpico, Senin (28/10/2019) dini hari WIB. Tim tuan rumah tampil dalam kondisi pincang menyusul badai cedera yang menimpa tujuh pemainnya.

Roma memimpin 1-0 di babak pertama berkat gol Dzeko. Milan kemudian mencetak gol balasan lewat sepakan Theo Hernandez di menit ke-55.

Zaniolo kemudian jadi pahlawan kemenangan Roma. Pemain berusia 20 tahun itu menjebol gawang Gianluigi Donnarumma pada menit ke-58 untuk memberi Roma poin penuh.

Bacaan Lainnya

Berkat kemenangan ini, Roma naik ke peringkat kelima klasemen Liga Italia dengan 16 poin dari sembilan pertandingan. Mereka cuma berjarak satu poin dari Napoli yang ada di urutan keempat.

Jalannya Pertandingan

Rafael Leao nyaris membawa Milan unggul lebih dulu setelah memanfaatkan kesalahan Federico Fazio. Namun sepakannya melebar dari gawang.

Lucas Paqueta sempat menjebol gawang Roma pada menit ke-15. Beruntung bagi Roma, wasit menganulir gol tersebut karena Paqueta lebih dulu berada dalam posisi offside.

Javier Pastore mencoba melepaskan tembakan voli dari luar kotak penalti. Namun sepakan pemain asal Argentina itu tak mengancam Gianluigi Donnarumma.

Nicolo Zaniolo melakukan tusukan dari kanan dan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sepakan Zaniolo memaksa Donnarumma melakukan penyelamatan dan menghasilkan sepak pojok untuk Roma.

Dari tendangan sudut itu, bola dibelokkan oleh Gianluca Mancini dan mengarah ke Edin Dzeko yang berdiri bebas di tiang jauh. Dengan leluasa, striker Roma itu menjebol gawang Milan.

Tak lama kemudian, Roma nyaris menggandakan keunggulan. Tapi sepakan Pastore diblok oleh Donnarumma yang dengan cepat menutup ruang tembak pemain Roma itu.

Di awal babak kedua, Roma mendapat peluang lewat tendangan bebas di depan kotak penalti Milan. Aleksandar Kolarov maju sebagai eksekutor.

Tendangan Kolarov sudah mengecoh Donnarumma yang tak bergerak di posisinya. Namun bola tendangan Kolarov membentur pagar betis pemain Milan dan berbelok keluar lapangan.

Roma nyaris menambah gol dari skema tendangan sudut. Chris Smalling dengan leluasa menyambut sepak pojok yang datang, tapi gagal mengarahkan bola ke gawang. Roma kemudian justru kebobolan pada menit ke-55. Milan mencetak gol balasan lewat sepakan Theo Hernandez.

Hernandez menerima bola dari Davide Calabria dan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Bola sempat membentur Smalling dan mengecoh kiper Roma, Pau Lopez.

Namun skor imbang tak bertahan lama. Empat menit berselang, Nicolo Zaniolo membawa Roma kembali unggul.

Berawal dari kesalahan Calabria di area pertahanan sendiri, bola jatuh ke kaki Dzeko. Upaya Musacchio untuk memotong bola operan Dzeko justru mengarah ke Zaniolo. Zaniolo kemudian melepaskan tembakan melengkung untuk menaklukkan Donnarumma.

Roma kembali menyia-nyiakan peluang dari tendangan sudut. Sepak pojok Jordan Veretout disambut sundulan Mancini yang berdiri bebas. Lagi-lagi tandukan pemain Roma melebar dari gawang.

Pada menit-menit akhir, Milan beberapa kali mengancam gawang Roma. Hakan Calhanoglu punya peluang untuk menyamakan skor usai dapat umpan tarik dari Krzystof Piatek, tapi sepakannya hanya mengenai sisi luar samping gawang.

Di injury time, Milan dapat tendangan bebas di dekat kotak penalti Roma. Calhanoglu melepaskan tembakan melengkung yang mengarah ke tiang jauh. Namun bola sedikit melebar dari gawang.

Susunan Pemain

Roma: Pau Lopez; Spinazzola (Cetin 77), Fazio, Smalling, Kolarov; Veretout, Mancini; Zaniolo (Santon 83), Pastore, Perotti (Antonucci 53); Dzeko

Milan: G Donnarumma; Conti (Calabria 52), Musacchio, Romagnoli, Theo Hernandez; Paqueta (Piatek 63), Biglia (Bennacer 72), Kessie; Suso, Leao, Calhanoglu. (mb/detik)

Pos terkait