Di Indonesia Ada 431 Ribuan Ormas, Kemendagri Harap Semua Taat Pancasila

Metrobatam, Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan kegiatan ‘ Penganugerahan Penghargaan Ormas Tahun 2019’ pagi tadi. Sekertaris Jendral (Sekjen) Kemendagri menyampaikan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) sebagai wadah aspirasi dan kepentingan masyarakat yang diharapkan tidak bertentangan Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

“Kita harapkan bahwa ormas dapat memupuk tentang dasar dafi pada pendirian ormas itu yang tentunya tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-undang dasar 45 karena ini merupakan landasan dan dasar negara,” kata Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di Hotel Kartika Chandra, Jalan Jendral Gatot Subroto, Karet, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).

Hadi juga mempersilahkan Ormas memiliki memiliki ciri khas dan profesionalitas. Namun dia kembali menekankan dalam mencapai tujuannya, Ormas diharapkan tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Kedua, silahkan mempunyai ciri namun tidak bertentangan dengan pancasila dan UUD 45. Ketiga, harus secara profesional dan proporsional untuk mencapai tujuannya agar lebih berkualitas di dalam melaksanakan kinerjanya maupun dalam mencapai tujuan dari pada organisasi sendiri,” sambungnya

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan pemerintah selalu melakukan penilaian terhadap Ormas. Kata Hadi, jumlah Ormas per 22 Novermber 2019 berjumlah 431.465 Ormas.

“Karena Berdasar data tanggal 22 November 2019. Jumlah Ormas yang ada di indonesia sekarang ini sudah capai 431.465 Ormas, yang terdiri atas ya berdasarkan surat keterangan terdaftar itu ada 27.015, di mana di kementerian dalam negeri itu terdaftar sebanyak 1.891 Ormas, di provinsi 8.170 Ormas, di kabupaten kota 16.954 dan yang berbadan hukum ini tercatat di kementerian hukum dan ham sebanyak 404.379 terdiri atas yayasan 226.994 Ormas, yang bersifat perkumpulan sebanyak 167.385, tercatat di kementerian luar negeri 71 Ormas”, jelas Hadi.

Hadi juga menyampaikan eksistensi Ormas dapat secara nyata berkontribusi bersama pemerintah. Kontribusi tersebut, menurut Hadi, terkait dengan percepatan mencapai tujuan negara.

“Kemudian harapan kita bersama eksistensi dan kesadaran kolektif di dalam mencapai tujuan ini akan benar-benar dapat ditingkatkan kualitasnya dan Ormas betul secara nyata memberikan kontribusi dan kemanfaatan baik kepada masyarakat pemerintah dan tentu upaya percepatan untuk mencapai tujuan NKRI”, ucapnya. (mb/detik)

Pos terkait