Ditolak Masuk Hong Kong, Ustaz Riza Dipulangkan ke Tanah Air

Metrobatam, Jakarta – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong mengonfirmasi mengenai penolakan masuk Ustaz Riza Muhammad, Sabtu (23/11).

Staf Konsul Muda bidang Pendidikan Sosial dan Budaya KJRI Hong Kong, Vania Alexandra mengatakan Riza telah dipulangkan ke Tanah Air sore tadi.

“Informasi dari pihak Imigrasi Hong Kong, Ustaz Riza Muhammad dipulangkan kembali ke tanah air sore tadi pukul 15.50 oleh pihak Imigrasi Hong Kong,” kata Vania dalam pesan singkat.

Meski demikian, Vania tidak menjelaskan lebih detail alasan Imigrasi Hong Kong menolak Riza masuk.

Bacaan Lainnya

Kata dia, sesuai aturan yang berlaku, pihak Imigrasi Hong Kong tidak berkewajiban menyampaikan alasan penolakan warga asing masuk.

Riza diketahui datang ke Hong Kong untuk mengisi ceramah. Lewat akun Instagram, dia mengaku berangkat ke Hong Kong dengan penerbangan Sabtu dini hari.

Namun, Riza tertahan di Imigrasi Hong Kong tanpa alasan yang jelas.

“Assalamualaikum, mohon donya saya tertahan di imigrasi hongkong terancam di pulangkan dan tidak bisa ceramah di hongkong tanpa alasan yg jelas,,, mereka menerapkan ” imigration reasion” yakni hanya negara yg punya alasan untuk menerima dan menolak seseorang masuk hongkong,” kata dia di Instagram. (mb/detik)

Pos terkait