Ini Tips Cara Bedakan BPKB Asli dan Palsu

BPKB Mobil (Foto: Wikimedia)

Metrobatam.com, (Mb) – Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) menjadi surat yang tidak bisa dilepaskan dari kendaraan. Biasanya para pencari mobil bekas perlu mendapatkan perhatian lebih agar tidak menjadi beban di kemudian harinya.

Lantas seperti apa mendeteksi BPKB yang asli dengan yang palsu? Melalui laman NTMC, Korlantas Polri memberikan 5 tips cara mendeteksi keaslian BPKB.

Read More

Pertama, bahan cover yang digunakan BPKB asli lebih mengkilap dibandingkan yang palsu (agak buram).

Kedua, hologram di halaman paling depan atau pertama akan berubah warna jadi kuning saat diterawang bila itu BPKB palsu. Sedangkan BPKB asli, warnanya abu-abu dan tidak akan berubah jika diterawang.

Ketiga, nomor seri di bawah hologram dimaksudkan untuk membedakan domisili. Namun, untuk detail lebih lanjut hanya ada di Korlantas dan tidak bisa dipublikasikan sebab sifatnya yang rahasia milik Korlantas.

Selanjutnya, pada ciri keempat ada pada bagian identitas pemilik kendaraan. Di BPKB palsu hanya sekedar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik kendaraan tidak diubah. Untuk BPKB yang palsu biasanya akan terlihat seperti sudah dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus.

Terakhir, ada pada halaman-14. Jika BPKB asli terlihat lambang Korlantas bila disinari cahaya ultraviolet. Saat diraba, kertas akan terasa kasar karena mengikuti logo Korlantas timbul.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa BPKB kendaraan yang ingin dibawa pulang adalah asli.

(Mb/Detik)

Related posts