Jonan hingga Susi Dikabarkan Masuk BUMN, Ini Kata Kementerian

Metrobatam, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana merekrut mantan menteri dan wakil menteri periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi petinggi BUMN. Belum secara jelas siapa saja yang bakal direkrut, tapi setidaknya beredar rumor tiga nama mantan menteri yang bakal direkrut.

Tiga nama itu yakni, Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Bacaan Lainnya

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga memberi penjelasan terkait nama-nama tersebut. Soal Rudiantara misalnya yang dikabarkan menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero), Arya menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum melihat surat keputusan dari Presiden Jokowi.

“Karena suratnya belum kami lihat, surat kan sampainya ke Pak Erick, Pak Erick masih di luar negeri jadi kita nunggu pak Erick turun dari Korea sampai Jakarta baru kita lihat suratnya itu, karena strategis langsung ke Pak Menteri, baru kita tahu isinya,” jelasnya di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Ia tak memberi keterangan yang tegas apakah Rudiantara masuk daftar yang diusulkan menjadi bos PLN.

“Ya kita lihat saja nanti, kita lihat, pasti kalau beliau jadi pasti nama beliau (Rudiantara) ada di situ,” tambahnya.

Soal Jonan dan Susi yang dikabarkan masuk BUMN, Arya justru bertanya balik mengenai isu tersebut. Jonan sendiri disebut-sebut bakal masuk ke PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

“Isunya dari mana?” katanya.

Arya menambahkan, pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap 5 BUMN besar yang saat ini dalam perombakan pengurus. Serta, pada BUMN-BUMN lainnya.

“Kita mengevaluasi BUMN-BUMN lain setelah lima yang besar, mau Garuda dan lain-lain evaluasi semua,” tutupnya.

Bos PLN Merapat ke Kantor Erick

Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani merapat ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta Pusat siang ini.

Dari pantauan detikcom, Selasa (26/11/2019), Sripeni tiba di kementerian sekitar pukul 12.00 WIB. Ia mengenakan jaket warna cokelat.

Tak sendiri, Sripeni datang bersama Direktur Perencanaan Korporat Syofvi Felienty Roekman.

Belum diketahui secara jelas maksud kedatangan Sripeni ke Kantor Menteri BUMN Erick Thohir. Ia irit bicara dan hanya melempar senyum saat ditanya oleh awak media.

Sementara itu, Erick Thohir sendiri akan merombak jajaran pengurus PLN. Tidak hanya untuk kursi direksi, perombakan juga dilakukan untuk komisaris.

Demikian disampaikan Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga di Kementerian BUMN Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

“(Direksi dan komisaris) Ada perubahan,” katanya.

Arya masih bungkam soal siapa saja orang yang bakal masuk pengurus BUMN listrik ini. Serta, saat disinggung kabar mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara masuk jajaran petinggi PLN. Yang pasti, kata dia, calon-calon petinggi PLN itu sudah dipanggil ke Kementerian BUMN.

“Udah pasti dipanggil, kan udah kepanggil kemarin, kamu pasti nggak lihat ya,” katanya. (mb/detik)

Pos terkait