Liga Europa: AS Roma Libas Basaksehir 3-0

Metrobatam, Jakarta – AS Roma terus menjaga peluang lolos ke babak 32 besar Liga Europa. Bertandang ke Istanbul Basaksehir di matchday lima, Roma menang telak 3-0.

Roma melawat ke Basaksehir Fatih Terim Stadium, Jumat (29/11/2019) dini hari WIB. Giallorossi datang sebagai tim peringkat tiga Grup J dengan lima poin, sementara Basaksehir adalah pemimpin klasemen dengan tujuh poin.

Muat Lebih

I Lupi yang butuh kemenangan mengambil inisiatif menyerang, namun baru berhasil membuka skor di menit ke-30 lewat penalti Jordan Veretout. Gol itu membuka jalan Roma.

10 menit berselang, Justin Kluivert menggandakan skor. Edin Dzeko lantas memastikan Roma memimpin 3-0 saat turun minum.

Roma terus mengontrol pertandingan di babak kedua, tapi tak mampu menambah gol. Dengan tambahan tiga poin, Roma naik ke posisi dua Grup J dengan delapan poin, kalah head-to-head dari Borussia Moenchengladbach.

Gladbach di laga lainnya berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Wolfsberger. Hasil itu memastikan Wolfsberger tersingkir di babak grup.

Jalannya Pertandingan

AS Roma langsung menerima ancaman di menit kelima. Edin Visca melepas tembakan yang cuma meleset tipis ke kanan gawang.

Roma merespons melalui sepakan kaki kiri Edin Dzeko di menit ke-14. Upayanya masih mudah diantisipasi kiper.

Setelah percobaan Nicolo Zaniolo dan Dzeko melenceng di menit ke-22, Roma mendapatkan penalti di menit ke-28. Ini setelah Mehmet Topal melakukan handball saat berusaha memblok tendangan Lorenzo Pellegrini.

Jordan Veretout maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan kiper.

Di menit ke-33, tembakan Justin Kluivert dari luar kotak penalti cuma melesat tipis saja ke atas gawang. Tujuh menit kemudian, winger Roma ini benar-benar bikin gol memanfaatkan umpan Pellegrini dari situasi serangan balik.

Sebelum babak pertama berakhir, atau pada menit ke-45, Dzeko menegaskan keunggulan Roma atas Basasehir. Babak pertama tuntas dengan skor 3-0.

Roma melanjutkan dominasi di babak kedua. Sundulan Amadou Diawara menyambut umpan Pellegrini dari sepak pojok masih melenceng ke kanan.

Roma menciptakan peluang lain dari bola mati di menit ke-65. Tendangan bebas Pellegrini kali ini disambar Gianluca Mancini namun masih bergulir tipis ke kanan gawang.

Roma dengan sabar memainkan bola. Percobaan jarak jauh Kluivert dan Cengiz Under masih belum cukup mengancam gawang Basaksehir. Tembakan keduanya melebar jauh dari sasaran.

Tuan rumah sempat mencatatkan ancaman di masa injury time lewat Robinho. Namun tak menghasilkan apapun. Laga tuntas dengan skor 3-0 untuk kemenangan Roma.

Susunan pemain:

Istanbul Basaksehir: Mert; Ponck, Skrtel (Berkay 52), Epureanu (Robinho 46), Clichy; Azubuiki, Mehmet, Irfan; Visca, Crivelli, Gulbrandsen (Behich 16)

Roma: Pau Lopez; Santon, Mancini, Smalling; Kolarov (Spinazzola 53); Diawara, Veretout; Zaniolo, Pellegrini (Cengiz 71), Kluivert; Dzeko (Mkhitaryan 72). (mb/detik)

Loading...

Pos terkait

Booking.com