Pemko Batam Resmi Buka Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019

Ilustrasi

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam resmi membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019, Senin (11/11). Proses pendaftaran akan berlangsung hingga Senin (25/11).

“Sudah diumumkan melalui website untuk pembukaan CPNS di lingkungan Pemko Batam. Untuk pendaftaran dilakukan secara online melalui portal http://sscasn.bkn.go.id,” kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin di Kantor Walikota Batam, Senin (11/11).

Pengumuman seleksi CPNS ini sesuai surat Nomor: 31/BKPSDM/HK/XI/2019 tentang Seleksi Penerimaan CPNS di LIngkungan Pemko Batam Tahun 2019. Pada pengumuman disebutkan bahwa surat lamaran diketik dengan font huruf arial berukuran 12 dengan mencantumkan formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan.

Lamaran ditujukan kepada Walikota Batam c.q Panitia Pelaksana Seleksi Penerimaan CPNS Kota Batam Tahun 2019. Format surat lamaran dapat diunduh di laman: https://bkpsdm.batam.go.id atau https://mediacenter.batam.go.id.

Bacaan Lainnya

“Tahun 2019 Pemko Batam mendapat kuota sebanyak 140 formasi. Untuk tenaga pendidikan 71 formasi, tenaga kesehatan 42 formasi, dan tenaga teknis sebanyak 27 formasi,” tuturnya.

Validasi persyaratan dilakukan 11 November-6 Desember 2019. Pengumuman hasil seleksi administrasi berkas unggah akan dilakukan pada 9 Desember 2019.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini ada masa sanggah yakni 10-12 Desember. Untuk pengumuman masa sanggah akan dilakukan pada 20 Desember 2019.

“Tugas kita yang memverifikasi persyaratan dan saya sudah tekankan supaya tidak ada kesalahan di sini. Kita kurangi kekhilafan. Tapi jika ada kesalahan nanti ada masa sanggah, ada waktu tiga hari yang diberikan untuk melakukan sanggahan,” ungkap mantan Kadispenda Kota Batam ini.

Tahap selanjutnya adalah pengumuman jadwal seleksi kompetensi dasar. Seleksi akan dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT). Rencananya tes digelar pada Maret 2020. Namun belum ada tanggal pasti karena menunggu keputusan pusat.

“Kita bekerjasama dengan BKN untuk pelaksanaan CAT sama dengan tahun lalu. Jika BKN tidak lengkap maka kita akan lakukan secara mandiri dan akan kami siapkan,” tuturnya.

Dalam pengumuman itu juga dihimbau agar peserta tidak mempercayai apabila ada pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan menyediakan sejumlah uang. Pemko Batam tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun dari oknum yang mengatasnamakan Tim Pengadaan CPNS Tahun 2019.

“Pak Wali mengimbau jangan mau diiming-imingi sesuatu. Yang menentukan kelulusan adalah diri peserta sendiri, bukan siapa-siapa. Tidak bisa orang lain. Jadi jangan mau dijanjikan karena tidak ada istilah janji-janji,” pungkasnya.

Untuk pelayanan dan penjelasan informasi serta pengaduan terkait pelaksanaaan seleksi CPNS Pemko Batam dapat melalui helpdesk pada https://sscasn.bkn.go.id atau helpdesk Pemko Batam melalui email [email protected].

(Mb/MCBatam)

Pos terkait