Ibu Kota Pindah, Gubernur Kaltim Senang Efek Positifnya

Metrobatam, Samarinda – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menegaskan geliat pembangunan infrastruktur di Kaltim sudah masuk dalam deretan tiga besar nasional.

Isran mengatakan, dengan ditetapkannya Kaltim sebagai lokasi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) telah memberikan dampak positif bagi pembangunan infrastrukur.

“Kegiatan pembangunan infrastruktur kita kapasitas anggarannya semakin baik. Untuk pembangunan yang dikelola Badan Nasional Infrastruktur Jalan, Kaltim termasuk tiga terbesar se Indonesia setelah DKI Jakarta dan sebelum Jawa Tengah. Ada dampak itu (pemindahan IKN,Red). Mudahan terus berlanjut,” ujar Isran Noor saat menyampaikan hasil pertemuan dengan anggota DPR RI Dapil Kaltim di ruang rapat kantor Gubernur Kaltim, Senin (23/12/2019).

Bahkan menurut Isran Noor, Kaltim bakal kembali dapat dukungan anggaran untuk proyek strategis nasional 2020. Di antaranya untuk pembangunan Jalan Tol Samarinda-Bontang yang tahapannya tinggal penunjukan BUMN maupun pihak swasta pelaksana kegiatan.

Selain itu, Kaltim juga akan mendapat anggaran pembangunan Bendungan Lambakan Talake Kabupaten Paser, Jalan dan Jembatan Tol Penajam-Balikpapan-Muara Tol Balikpapan Samarinda.

“Pendek kata banyak kegiatan infrastruktur di Kaltim. Tentu banyaknya investasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan penyerapan tenaga yang juga semakin baik,” paparnya.

Dia menyebut pertumbuhan ekonomi Kaltim pada semester II mencapai 7 persen atau sekitar 6,98 persen. Pun demikan untuk penyerapan tenaga kerja disebut mampu mencapai angkat 1 persen atau dengan kata lain ribuan tenaga kerja bisa terserap. (mb/detik)

Loading...

Related posts