Ketua LSM Perkara Gunungsitoli : Diduga Pengaspalan Jalan Dusun 1 Menuju Dusun 2 Tidak Sesuai RAB

Metrobatam.com, Gunungsitoli – Pengaspalan jalan sepanjang 360 X 3 M dibiayai dana desa di Desa iraonolase, Kecamatan Gunungsitoli AlO’OA, Kota Gunungsitoli, tahun 2019 senilai RPp.200 juta diduga asal jadi.

Pantauan wartawan di lapangan, minggu (22/12) di lokasi pengaspalan Dusun I menuju Dusun 2 Desa iraonolase, badan jalan yang baru diaspal tidak rata dan bergelombang. Diduga, pekerjaan proyek tidak sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB). Sehingga, pengaspal di badan jalan sudah tidak rata serta tidak memakai batu 3/5, 2/3. Selain pengaspalan penyiraman aspal tipis dan timbul batu 5/7 di jalan terbut dan tidak sesuai RAB.

Bacaan Lainnya

Untuk penyusunan batu tidak sesuai hingga bergelombang dan berlubang hanya memakai Batu 5/7 dan dikhawatirkan akan cepat rusak, pekerjaannya terkesan asal jadi, diduga tidak sesuai RAB. Penyusunan material (batu) badan jalan tidak rapi.

“Penggunaan dana Desa diduga tidak sesuai yang diharapkan masyarakat,” ucap salah tokoh masyarakat F.

Pelaksana Kepala Seksi Kesajahteraan Desa Iraonolase, Berkat Lidamai Lase saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (22/12) sekitar jam 16:56 WIB melalui telepon seluler, “pemakai Batu 5/7 sesuai dengan RAB. Termasuk yang berlubang atau tidak mengunakan Batu 3/5, Batu 2/3 dan pengaspalan yang bergelombang itu sesuai dengan RAB.”

 

Ketua LSM Perkara Gunungsitoli, Afdika Permata lase kepada Wartawan mengatakan, pekerjaan proyek pengaspalan jalan dari dusun satu menuju dusun 2, dinilai dana desa di Desa Iraonolase patut dipertanyakan.

Menurut Afdika, pengaspalan itu diduga tidak sesuai RAB. Pasalnya, kondisi fisik di lapangan sudah tidak sesuai dengan RAB.

Selanjutnya wartawan mengkonfirmasi  Kades Iraonolase peringatan lase dihubungi melalui telepon seluler yang terkesan menolak panggilan telepon selulernya pada saat dihubungi. (Desman Tel/BL)

 

Pos terkait