Menkominfo Ancam Pidanakan 1000 Situs Penyedia Film Bajakan Mirip IndoXXI

Menteri Kominfo Johnny G Plate (Foto : NET)

Metrobatam.com, Jakarta – Menteri Kominfo Johnny G Plate mengklaim mendapatkan laporan ada 1000 situs penyedia film bajakan mirip IndoXXI. 1000 Situs ini masuk daftar yang akan diblokir oleh kementerian.

“Saya mendapat laporan ada seribu lebih situs yang terpaksa harus ditakedown, karena menggunakan situs itu secara salah,” ujar Johnny di kediamannya, Cilandak, Jakarta, Rabu (25/12).

Dia mengatakan, situs penyedia film bajakan berdampak buruk bagi negara. Sebab, saat ini Indonesia tengah membangun iklim investasi.

“Mulai dari film dan berkembang ke yang lain, kita sebagai bangsa nanti dituduh tidak berpihak pada perlindungan kekayaan intelektual. Dan itu tidak mendukung iklim investasi dan ekonomi kita secara nasional,” jelas Johnny.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Jenderal NasDem itu meminta pemilik situs demikian untuk sadar dan menyetop jasanya. Jika tidak, Johnny menyebut bisa dibawa ke ranah pidana.

“Yang penting adalah adanya kesadaran dari beberapa situs, pemilik situs, operator situs yang menyadari bahwa itu salah dan setop. Kalau itu berlanjut terus tentu ada tindakan hukum. Kita tidak inginkan,” kata dia.

Sebelum bicara ke ranah hukum, Johnny menyebut Kominfo hanya melakukan penindakan dengan blokir. Dia sebut itu sebagai cara untuk mendidik pemilik situs ilegal.

“Tahap ini kita masih persuasif tapi kalau pelanggaran dilakukan terus menerus tentu rule of law harus ditegakkan,” pungkasnya.

(merdeka/mb)

Pos terkait