Waduh, Baru Diresmikan 2 Pekan Atap dan Kubah Masjid di Rembang Runtuh

Metrobatam, Rembang – Atap dan kubah Masjid Jami Baitul Mamur yang berada di Desa Karangasem Kecamatan Sedan, Rembang runtuh. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kapolsek Sedan Iptu Rochmad menjelaskan, tak ada warga ataupun ta’mir masjid yang mengetahui secara persis kronologi awal insiden runtuhnya atap bangunan.

“Saat takmir Masjid hendak masuk Masjid tiba-tiba sudah diketahui atap dalam kondisi hancur dan runtuh di bawah,” kata Rochmad kepada detikcom, Selasa (3/12/19).

Bangunan yang runtuh berupa atap utama Masjid yang berbentuk limasan dengan ukuran sekitar 10 x 20 meter. Termasuk kubah Masjid juga runtuh dalam insiden tersebut.

Bacaan Lainnya

Bangunan atap sendiri terbuat dari balok cor dan ditopang dengan kayu jati.

Berdasarkan keterangan warga, Rochmad menyebut bangunan masjid itu baru diresmikan sekitar dua pekan yang lalu, tepatnya pada pertengahan bulan November 2019 kemarin.

“Pembangunan Masjid baru diresmikan dua minggu, pada pertengahan bulan November 2019. Bangunan masjid yang runtuh adalah bangunan baru,” paparnya.

Atas insiden itu, kerugian ditaksir mencapai Rp 250 juta. Diduga kuat, runtuhnya bangunan akibat tidak kuatnya balok cor penopang atap limasan.

“Runtuhnya bangunan indikasi tidak kuatnya balok cor yang menopang atap limasan atau kubah masjid sehingga atap runtuh,” pungkasnya. (mb/detik)

Pos terkait