Wako Tanjungpinang Resmi Buka Bazar Imlek 2019

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, resmi membuka kegiatan Bazar Imlek 2019, yang berlangsung di Jalan Merdeka, Kota Lama Tanjungpinang Kepulauan Riau, Jum’at (27/12/2019) malam. 

Kegiatan tersebut, selain untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek (XinCia) 2571 di kota Tanjungpinang, sekaligus juga untuk melestarikan budaya serta menggaet wisatawan.

Bacaan Lainnya

Bazar imlek berlangsung mulai 27 Desember 2019 hingga 22 Januari 2020 mendatang. Bazar diisi ratusan stan yang menawarkan berbagi produk aneka makanan, minuman, fashion, kerajinan, pernak-pernik imlek, aksesoris, hingga telepon seluler (ponsel).

Disampaikan Wali Kota, H. Syahrul, kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan di kota Tanjungpinang, dan merupakan suatu momen yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Tionghoa, khususnya masyarakat Tanjungpinang.

Ia menilai, bazar imlek tahun ini lebih meriah dan ramai dibandingkan tahun lalu. Stan-stan yang disediakan di sepanjang jalan Merdeka sampai Tengku Umar penuh diisi aneka stand bazar.

“Ada sekitar 250 stan yang ikut meriahkan bazar imlek di tahun ini,” ujar Syahrul.

Wali kota mengatakan bertambahnya peserta tahun ini, merupakan bukti kekompakan, kebersamaan, serta semangat persatuan dan kesatuan masyarakat kota Tanjungpinang.

Kegiatan bazar di kota lama ini juga menjadi sarana untuk masyarakat, utamanya para pelaku usaha kecil menengah agar turut terlibat sehingga dapat berkontribusi menggerakkan ekonomi di wilayah kota lama.

“Supaya lebih meriah, toko-toko di sini bisa buka malam hari. Dengan begitu, bisa menggerakan ekonomi di kota lama menjadi lebih baik,” tutur Syahrul.

Wali kota juga meminta kepada masyarakat Tanjungpinang agar meramaikan bazar imlek di kota lama ini.

“Mari sama-sama kita ramaikan bazar imlek ini. Mudah-mudahan bazar ini berjalan lancar serta membawa dampak positif bagi peserta dan peningkatan ekonomi di kota ini,” tambah dia.

Dikesempatan itu, Anggota Komisi 1 DPRD Kota Tanjungpinang, Agus Chandra Wijaya mengaku senang pelaksanaan pasar imlek ini berjalan lancar dan sukses.

“Kita bisa lihat, warga Tanjungpinang ramai yang datang ke bazar imlek ini. Jadi, ini merupakan momen kebersamaan masyarakat kota Tanjungpinang,” ungkapnya.

Agus menuturkan, keberadaan bazar imlek ini diharapkan bisa menjadi tempat perputaran ekonomi di kota Tanjungpinang. Lewat bazar ini, kita bisa bersama-sama meningkatkan perputaran ekonomi di kota lama.

“Bazar seperti ini harus terus dilakukan secara berkelanjutan agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kota Tanjungpinang,” pungkasnya.

Kedepan, Agus berharap gelaran bazar imlek bisa masuk kalender pariwisata. Dengan demikian, wisatawan mudah menemukan even menarik yang diselenggarakan di kota Tanjungpinang.

“Bazar imlek ini sudah digelar rutin tiap tahun di kota Tanjungpinang, jadi harus diketahui wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” tambahnya.

Pembukaan bazar imlek ini dihadiri, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP Asisten I Pemerintah Provinsi Kepri, Raja Ariza, unsur FKPD, kepala OPD, anggota DPRD, ketua LAM, camat, lurah, serta tokoh masyarakat Tionghoa.

(Mb/Diskominfo)

Pos terkait