Warga Tanjungpinang Antusias Saksikan GMC

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Detik-detik peristiwa langka gerhana matahari cincin (GMC), masyarakat memenuhi pelataran gedung gonggong Tanjungpinang Kepulauan Riau untuk menyaksikan fenomena alam yang hanya bisa dilihat ratusan tahun ini.

Warga terlihat mulai mengamati gerhana matahari cincin dengan bantuan filter dan kacamata matahari. Selain itu, warga juga secaran bergantian melihat gerhana matahari cincin melalui teropong atau teleskop yang disediakan bosscha ITB.

Bacaan Lainnya

Tim Bosscha Insitut Teknologi Bandung (ITB), Evan Irawan Akbar, mengakui Kota Tanjungpinang Kepri menjadi tempat terbaik untuk mengamati gerhana matahari cincin pada Kamis 26 Desember 2019 ini.

Karena, saat ini kondisi bulan sedang berada tepat di atas langit Tanjungpinang, sehingga bayangan gerhana matahari cincin tampak jelas di daerah ini.

“Meskipun bayangannya kecil sekali,” kata Evan, di lokasi pengamatan GMC, di gedung gonggong, Tanjungpinang.

Evan menjelaskan, khusus Tanjungpinang, gerhana matahari terjadi pada pukul 10.29 WIB sampai 14.30 WIB, tetapi puncak cincinnya pukul 12.24 WIB sampai 12.28 WIB.

Pihaknya sudah menyediakan alat teleskop, teropong bintang yang dipasang filter khusus matahari, dan kacamata matahari bagi warga yang ingin mengamati fenomena langka itu di halaman gedung gonggong.

“Kalau di rumah tak ada peralatan itu, warga bisa menggunakan saringan santan atau kertas yang dilubangi dengan jarum,” ucapnya.

Tampak turis asing, orangtua membawa anak, kalangan mahasiswa dan pelajar memanfaatkan waktu libur untuk menyaksikan fenomena alam ini.

Dini salah satu pelajar SMK di Tanjungpinang mengaku sengaja datang ke gedung gonggong untuk meyaksikan fenomena alam ini.

“Momen ini sangat langka dan menjadi pengalaman baru buat saya, karena bisa lihat secara langsung gerhana matahari cincin yang sangat indah. Jadi sayang kalau peristiwa ini dilewatkan,” ucapnya sembari mengamati gerhana matahari cincin dengan kacamata matahari.

Sebelum mengamati gerhana marahari cincin, warga juga terlihat mengikuti sholat sunnah gerhana matahari atau sholat kusuf bersama wali kota dan sejumlah pejabat.

(Budi)

Pos terkait