Pemerintahan Desa Awa’ai Gunungsitoli Idanoi Laksanakan Rapat Penyusunan RKPDes dan Pembentukan Panitia Penjaringan BPD TA 2020

Metrobatam.com, Gunungsitoli – Pemerintahan Desa Awa’ai beserta Perangkat Desa  Laksanakan rapat penyusunan RKPDes dan pembentukan tim panitia penjaringan dan penyeleksi Anggota BPD yang dilaksanakan di Kantor Desa Awa’ai (Gusit)Gunungsitoli Idanoi (28/01/2020).

Pelaksanaa rapat tersebut diawali acara nyanyi dan Do,a oleh salah satu tokoh masyarakat, yang di ikuti oleh masyarakat dan beberapa undangan yang hadir pada acara tersebut.

Bacaan Lainnya

Menyampaikan rasa terimakasih dan syukur kepada Tuhan atas pelaksanaan rapat penyusunan tim RKPDes dan pembentukan penjaringan BPD hari ini Disampaikan oleh Sekretaris Desa Awa’ai Eferi Harefa pada pembukaan rapat tersebut..

Selanjutnya Eferi mengatakan “bahwa kehadiran Bapak/Ibu meringankan langkah untuk bersama-sama mendukung program pemerintahan Desa Awa’ai segala masukan dan pendapat kita bersama supaya bisa kita sampaikan pada kesepatan ini” ucapnya.

Sementara (KADES)Kepala Desa Awa’ai Feliama Harefa S,Pd pada sambutanya menyampaikan”Berterimakasih kepada seluruh masyarakat yg telah memenuhi Undangan rapat hari ini,tentu kami dari pemerintahan Bersama perangkat Desa mengajak kita untuk mendukung segala kegiatan rapat yang kita laksanakan hari ini.

“Labih lanjut Orang nomor satu Desa tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Anggaran  Silpa APBDes TA 2018  kita telah laksanakan sesuai dengan nomenklatur dan aturan yang ada.

“Saya berharap bahwa rapat yang kita laksanakan hari ini boleh berjalan dengan baik dengan dukungan penuh dari masyarakat” harap Kades.

“Kita akan memilih panitia penjaringan BPD hari ini kami dari pemerintahan Desa mempercayakan penuh kepada panitia terpilih nantinya, supaya benar-benar bekerja dan menyusun program kerja dalam hal penjaringan Anggota BPD yang baru nantinya “jelas Kades.

Sementara mewakil Pendamping Desa yang tidak disebut namanya menyampaikan “rembuk stunting yang diselenggarakan hari ini, menyampaikan bahwa rembuk Stunting  bersifat terpusat dan diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat”.

“Permasalahan Stunting menjadi prioritas pemerintah dikarenakan masalah ini memengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak, dan lain-lain. Oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,” ujarnya dalam rembuk stunting di Desa Awa’ai .

Di samping itu, mengingat urgensi persoalan stunting ini, Pemko Gunungsitoli akan meninjau RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penangananya. Jika dalam dokumen RKP tidak ada program tersebut, maka alokasi dana desa tidak akan ditransfer untuk tahun 2020 ucap perwakilan PD.

Struktur kepengurusan RDS melibatkan unsur pemerintah desa, lembaga desa, dan pegiat desa seperti PKK, , KPMD, dan Posyandu. Harapannya, fungsi dan peran RDS dapat dimaksimalkan oleh pemerintah desa dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan Sunting di desa.

Selanjutnya adapun hasil dari usul Musrenbang tersebut antara lain:
1.Bidang pengembangan
-peningkatan ruas jalan aspal dari Desa Fadoro menuju Desa Ombolata Gusit
-Bangunan pendukung, pagar pengguna jalan, Bronjong
2.Bidang perekonomian
-penggadaan bibit ternak babi
3.Bidang sosial
-lampu penerangan jalan12 titik(di rumah ibadah dan pemukiman penduduk.

Untuk Usulan RKPDes/ rembuk Sunting 2020 antara lain:

1.Bidang pembangunan
-Peningkatan ruas jalan aspal di Dusun II dan tembok penahan tanah
-Rabat beton pemukiman penduduk
-Balai pertemuan

2.Bidang pemberdayaan:
-Bibit tanaman
-AlKes,makanan tambahan Balita,Ibu menyusui,Ibu Hamil dan Lansia.
-Pelatihan masyarakat untuk Budaya dan pertanian.
-Sanitasi air bersih dan jamban/WC.

Pada Acara tersebut turut hadir BPD, TA, PDTI, PD, PLD ,tokoh pemuda yang diwakili Perikanan Gea,Tokoh masyarakat Tim PKK dan masyarakat Desa Awa’ai.

Acara tersebut berjalan dengan baik hingga selesai.

(Desman Tel)

Pos terkait