21 Puskesmas di Batam Siap Lakukan Pelayanan Kesehatan masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi

Metrobatam.com, Batam – Saat ini Kota Batam telah memiliki 21 Puskesmas yang siap melakukan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. ke 21 puskesmas ini tersebar di 12 Kecamatan di Kota Batam.

“Saat ini kita sudah memiliki 21 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi di Sekupang, Jumat (21/2).

Menurut Didi jumlah 21 puskesmas ini sudah sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Berdasarkan RPJMD, Batam akan memiliki 22 Puskesmas hingga 2021 mendatang.

“Jika melihat RPJMD, ini sudah sesuai. Sekarang kita punya Puskesmas ke-21. Tahun depan tambah lagi satu. Rencananya di Tembesi,” kata dia.

Bacaan Lainnya

Tapi jika melihat pada perbandingan jumlah penduduk, Batam masih sangat kekurangan Puskesmas. Didi mengatakan angka ideal pelayanan satu puskesmas adalah untuk 30 ribu jiwa. Dengan kondisi jumlah penduduk 1,32 juta jiwa seperti sekarang, Batam masih membutuhkan banyak tambahan fasilitas kesehatan tingkat pertama tersebut.

“Ke depan untuk wilayah yang perbandingan penduduk dengan puskesmasnya kurang, kita rencanakan pembangunan,” tutur Didi.

Adapun berdasarkan data statistik sektoral Pemko Batam tahun 2019, kekurangan puskesmas terjadi di seluruh kecamatan pulau utama (mainland). Sedangkan untuk di pulau penyangga atau hinterland, secara rasio jumlah penduduk dan puskesmas sudah terpenuhi. Namun kondisi geografis yang terpisah pulau, diakui Didi menjadi tantangan tersendiri.

“Memang di tiga kecamatan hinterland itu sudah tercukupi puskesmasnya jika melihat rasio jumlah penduduk. Yaitu di Belakangpadang dan Bulang masing-masing satu puskesmas, serta di Galang ada dua Puskesmas. Tapi penduduknya tinggal di pulau-pulau berbeda. Maka kita atasi dengan membangun pustu (puskesmas pembantu), polindes, dan poskesdes,” ujar Didi.

(mb/mcb)

Pos terkait