Disnaker Kota Batam Targetkan Pelatihan Mulai di Februari 2020

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti

Metrobatam.com, Batam – Pelatihan bagi pencari kerja ditargetkan mulai di bulan Februari. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan ada 1.200 pencari kerja yang mendaftar untuk ikut pelatihan tahun ini.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk pencaker kita seleksi, pakai tes. Karena jumlahnya yang melebihi kuota tersedia,” kata Rudi di Sekupang, Jumat (31/1/2020).

Menurutnya seleksi sudah berlangsung pekan lalu. Dan peserta yang dinyatakan lulus mengikuti pelatihan juga sudah ada.

“Jumlahnya sudah sesuai dengan kuota, 559 peserta,” ujarnya.

Rudi mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan lelang penyedia jasa pelatihan. Yakni guna mendapatkan lembaga pelatihan dan keterampilan (LPK) yang akan bekerja sama dalam kegiatan ini.

“LPK-nya sekarang sedang dilelang. Kalau tidak ada kendala Februari sudah mulai jalan pelatihannya,” kata dia.

Pelatihan yang diberikan kepada pencaker adalah jenis pelatihan dasar. Jenis pelatihan yang akan digelar di antaranya pelatihan keselamatan kerja K3 Madya, pelatihan dasar K3 Muda, pelatihan teknik komputer, house keeping, scaffolding, AutoCAD Muda, tata rias salon kecantikan, HRD pariwisata, akuntansi MYOB, dan bengkel motor roda dua. Kemudian pelatihan tanaman sayur hidroponik, menjahit pola tingkat dasar, menjahit garmen, food and beverage waiter, sekuriti pratama, operator komputer, web deployment, dan welder 3G/4G.

“Tahun ini juga kita siapkan kuota untuk persiapan tahap I magang ke Jepang. Untuk lebih kurang 150 orang kita siapkan,” sebutnya.

Selain pelatihan bagi pencari kerja, Disnaker juga mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas tenaga kerja. Kegiatan ini merupakan agenda rutin Disnaker Batam yang dilaksanakan dengan sumber anggaran dari dana perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA).

(mb/mcb)

Loading...

Related posts