Pemko Batam Tawarkan CSR untuk Pengadaan CCTV

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam akan menawarkan perusahaan baik milik negara maupun swasta untuk membantu pengadaan closed circuit television (CCTV). Pengadaan CCTV melalui tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Kota Batam.

“Saat ini kita sedang ujicoba CCTV HIKVision. Kita pasang di atas Kantor Wali Kota. Nanti kita coba tawarkan ke badan-badan usaha untuk CSR-nya,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah di Batam Centre, Rabu (5/2).

Bacaan Lainnya

Kebutuhan CCTV Kota Batam ini, menurutnya, cukup banyak. Berdasarkan penghitungan studi sebelumnya dibutuhkan 380 titik, namun untuk saat ini paling tidak perlu tambahan 40 kamera CCTV untuk dipasang di 20 titik.

“Karena itu kita butuh bantuan semua pihak,” ujarnya.

Dinas Kominfo saat ini mengelola 36 CCTV yang tersebar di 20 titik. Kominfo juga memiliki ruang monitor CCTV untuk memantau hasil tangkapan kamera.

“Hasil pantauan dari CCTV ini dikoordinasikan dengan OPD terkait agar dapat membantu tugas OPD. Misal saat terjadi kemacetan lalu lintas pada jalan tertentu yang terpantau CCTV, langsung disampaikan ke Dinas Perhubungan untuk dapat ditindaklanjuti,” kata dia.

Azril mengatakan Dinas Kominfo juga menyediakan website untuk memonitor CCTV. Situs yang diberi nama ‘Matanya Batam’ ini dibuat agar masyarakat juga bisa ikut memonitor kondisi jalan yang terpantau CCTV Kominfo.

“Selain Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan juga mengelola sekitar 26  ATCS (area traffic control system) yang memiliki cctv untuk memantau lalu lintas di persimpangan jalan. Untuk yang ini ruang kontrolnya ada di Dinas Perhubungan,” tutur Azril. (mcb/mb)

Pos terkait