Persiapan Statistik Sektoral, Kominfo Kota Batam-BPS Latih Enumerator

Metrobatam.com, batam – Pemerintah Kota Batam menyiapkan calon enumerator untuk menyusun data statistik sektoral. Enumerator adalah petugas lapangan yang membantu tim monitoring dan evaluasi dalam kegiatan pengumpulan data.

“Petugas enumerator yang kita siapkan sebanyak 112 orang. Tiap organisasi perangkat daerah (OPD) sebanyak empat enumerator,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Azril Apriansyah di Batam Centre, Kamis (13/2).

Guna mempersiapkan enumerator, Dinas Kominfo menggandeng Badan Pusat Statistik dan konsultan untuk melatih petugas sebelum turun lapangan. Pelatihan dibagi menjadi dua kelompok

Lebih lanjut Kepala Bidang Statistik Kominfo Yulidasril menyampaikan bahwa pelatihan bagi kelompok pertama dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota Batam, 12-13 Februari. Dan untuk kelompok kedua akan digelar 10-11 Maret mendatang.

“Materi yang diberikan itu tentang data sektoral dan metadata,” ujarnya.

Perwakilan BPS Kota Batam, Adi Darmanto menjelaskan dalam penyusunan statistik sektoral, OPD berperan sebagai produsen data. Proses pengumpulan data dan informasi dilakukan oleh unit kerja atau bidang terkait.

“Pengumpulan data ini bisa dengan survei, menggunakan teknologi informasi, atau kompilasi produk administrasi,” kata Adi.

Adapun tahapan kegiatan statistik yaitu dimulai dari identifikasi kebutuhan. Selanjutnya perancangan, implementasi rancangan, pengumpulan data, pengolahan data, analisis, diseminasi, dan evaluasi.

(mb/mcb)

Loading...

Related posts