oleh

Ribuan Murid TK di Batam Ikuti Senam Massal

Metrobatam.com, Batam –  Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI – PGRI Kota Batam) mengadakan kegiatan senam massal dengan tema ” Tematik Pembelajaran TK dan Senam Massal Orang Tua dan Anak” yang diikuti ribuan murid Taman Kanak-kanan (TK) se-Kota Batam di Alun-alun Engku Putri, Batam Center, Sabtu (29/2/2020).

Dengan berpakaian seragam olahraga masing-masing sekolah TK yang ada di Batam. Anak-anak TK bersama guru dan orang tuanya tampak antusias mengikuti senam massal.

Kebiasaan berolahraga harus ditanamkan oleh orangtua sejak sang anak bahkan masih usia dini. Kegiatan senam massal ini diadakan atas inisiasi IGTKI- PGRI Kota Batam,” kata Sekertaris Panitia, Maria Magdalena.

Maria Magdalena menyebutkan, kegiatan senam massal ini  untuk mengajarkan anak berolahraga. Aktivitas fisik yang diajarkan sejak dini agar bisa menstimulasi tumbuh kembang seorang anak.

Selain itu, jika anak sejak dini sudah diberikan pendidikan berkarakter seperti sikap disiplin, peduli dengan lingkungan dan menjadi orang yang kreatif, maka bisa diharapkan menjadi anak yang cerdas pada masa yang akan datang.

“Selain Guru, orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak. Sudah merupakan kewajiban para orang tua untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan dan rasa percaya diri. Dan tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap,” jelasnya.

“Kepada seluruh Guru TK, agar lebih giat lagi membentuk anak-anak menjadi manusia yang berkarakter. Karena, di zaman yang serba modern ini, anak-anak terlalu di manja dengan berbagai aktifitas di luar dunia pendidikan sehingga menimbulkan jarak antara anak dan orang tuanya,” ungkapnya.

Kegiatan senam massal ini diadakan atas inisiasi IGTKI- PGRI Kota Batam. diikuti oleh 14 ribu peserta yang terdiri dari 7 ribu anak-anak dan 7 ribu orang tua yang berasal dari seluruh sekolah TK yang tersebar di 9 Kecamatan Se-Kota Batam.

Salah satu orang tua murid TK Islam Nurul Jadid Bengkong, Laras Mama Luna mengatakan, sangat gembira dan senang melihat anak-anak antusias mengikuti senam massal tersebut.

“Kewajiban Orang tua berkaitan dengan pendidikan anak harus lebih memperhatikan anak-anak mereka, melihat potensi dan bakat yang ada di diri anak-anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka di sekolah. Para orang tua diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang luhur dan wawasan yang tinggi serta semangat pantang menyerah,” ungkap Laras.

“Bagi saya anak itu sangat berarti dan berharga. Alhamdulillah anak-anak gembira dan senang ikut tampil dalam kegiatan senam Massal ini dan saya ikut mendampinginya,” tutup Laras. (Lilis Selalu)

 

 

 

 

News Feed