Sekretaris Daerah se-Indonesia Gelar Rapat Kerja di Batam

Metrobatam.com, Batam –  Agenda tingkat nasional kembali akan digelar di Batam. Akhir pekan lalu 1.100 sekretaris DPRD kabupaten/kota Indonesia mengikuti workshop di Batam. Dan pertengahan Maret mendatang, giliran Sekretaris Daerah se-Indonesia yang akan menggadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Batam.

“Alhamdulillah sudah ditetapkan, Batam menjadi tuan rumah Rakornas Implementasi Birokrasi dan Rapat Kerja Nasional Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Rakernas Forsesdasi) 2020,” kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin.

Demi memperjuangkan Batam sebagai tuan rumah, Jefridin bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau TS Arif Fadhilah menghadiri pra rakornas yang dilaksanakan di Hotel Arista Palembang, Jumat (7/2). Karena berdasarkan keputusan rakornas tahun lalu, ada dua provinsi yang menjadi nominasi tuan rumah Rakornas 2020. Selain Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Bangka Belitung juga menjadi nomine.

“Pada Pra Rakornas ini kita menyampaikan kesiapan Pemko Batam dalam menyukseskan Rakornas Implementasi Birokrasi tersebut. Batam sangat siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan berskala nasional ini,” tegas Jefridin.

Rakornas ini rencananya akan dilaksanakan pada 19-21 Maret. Lokasi yang disiapkan yakni Hotel Pacific Palace, Jodoh. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dijadwalkan hadir membuka rapat tersebut.

Rakornas dan Rakernas Forsesdasi ini akan dihadiri 2.166 peserta. Terdiri dari Sekda Provinsi, Sekda Kabupaten/Kota se-Indonesia, Inspektorat, Kabiro/Kabag Organisasi serta Gubernur se-Sumatra.

“Ini benar-benar perhelatan akbar. Insya Allah akan membawa multiplier effect secara ekonomi di Batam sebagai Kota Wisata meeting, incentive, convention, exhibition (MICE),” ujarnya.

Pada Pra Rakornas, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo menyampaikan bahwa rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2019-2024 telah ditetapkan. Ada 9 misi dan 5 prioritas yang menjadi tataran dapat mewarnai tema pelaksanaan rakornas nantinya. Dalam penentuan tema kegiatan, Kementerian Dalam Negeri berharap agar penyederhanaan birokrasi masuk sebagai bagian atau sub tema.

(mb/mcb)

Loading...

Related posts