oleh

55 WNI Terjangkit Virus Corona di Luar Negeri, 10 Orang Sudah Sembuh

Metrobatam, Jakarta – Kementerian Luar Negeri mengeluarkan data terbaru terkait jumlah warga negara Indonesia (WNI) terjangkit Corona di luar negeri. Totalnya sejauh ini ada 55 WNI yang positif terjangkit Corona.

Berdasarkan data yang dilihat dari akun twitter resmi Kementerian Luar Negeri @Kemlu_RI, Senin (23/3/2020), terlihat 55 WNI yang terjangkit Corona tersebar di 10 negara. Sebanyak 10 WNI diantaranya dinyatakan sudah sembuh.

Dari data tersebut terlihat WNI yang paling banyak terpapar virus Corona berada di Singapura. Sebanyak 15 WNI terpapar virus Corona dengan rincian 1 WNI meninggal dunia, 1 WNI sembuh, 11 WNI stabil, dan 2 WNI dalam penaganan khusus.

Sementara itu, 12 WNI di Malaysia juga dinyatakan dalam kondisi stabil. Data serupa juga ditunjukan di negara India, dengan total 10 WNI terpapar Corona dinyatakan dalam kondisi stabil.

Lebih lanjut, terlihat sebanyak 9 WNI yang berada di Jepang dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Berikut ini data lengkap WNI di luar negeri yang terjangkit virus Corona atau COVID-19:

  1. Jepang 9 WNI (semua sembuh)
  2. Singapura 15 WNI (1 sembuh, 11 stabil, 2 penanganan khusus, 1 meninggal)
  3. Taiwan 2 WNI (stabil)Australia 2 WNI (stabil)
  4. Malaysia 12 WNI (stabil)
  5. Arab Saudi 2 WNI (stabil)
  6. Makau RRT 1 WNI (stabil)
  7. India 10 WNI (stabil)
  8. Belanda 1 WNI (stabil)
  9. Qatar 1 WNI (stabil)

Total sebanyak 10 atau 18,1 persen WNI di luar negeri dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Seperti diketahui seorang warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus Corona meninggal dunia di Singapura. Satu pasien virus Corona di Singapura, yang seorang WNI, meninggal dunia pada Sabtu (21/3) waktu setempat. Satu WNI ini dilaporkan memiliki riwayat penyakit jantung dan telah jatuh sakit sebelum tiba di Singapura.

WNI ini bersama seorang pasien wanita yang merupakan warga negara Singapura dilaporkan sebagai kematian pertama akibat virus Corona di Negeri Singa itu.

#SahabatKemlu, berikut update Perkembangan COVID-19 di Dunia dan Pelindungan WNI per 22/03 pukul 10.00 WIB.#IniDiplomasi #NegaraMelindung pic.twitter.com/d0J0JisPej — MoFA Indonesia (@Kemlu_RI) March 22, 2020

Kasus Baru 4 WNI Positif Corona

KBRI Singapura menyampaikan pengumuman Kementerian Kesehatan Singapura tentang adanya empat warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif Corona. Empat pasien ini disebut pasien kasus nomor 392, 402, 403, dan 415.

“Pada 21 Maret 2020, Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan empat WNI sebagai kasus positif COVID-19 di Singapura, yaitu 392, 402, 403, dan 415,” demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar RI Singapura pada Minggu (22/3/2020).

Adapun rincian empat WNI positif Corona di Singapura adalah sebagai berikut:

  1. Kasus 392 merupakan WNI berstatus permanent resident Singapura berusia 54 tahun, berjenis kelamin laki-laki, yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia. Saat ini dirawat di NCID.
  2. Kasus 402 merupakan WNI berusia 22 tahun, berjenis kelamin perempuan, yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia. Saat ini dirawat di Mount Elizabeth Novena Hospital (MENH).
  3. Kasus 403 merupakan WNI berusia 77 tahun, berjenis kelamin laki-laki, pemegang long term pass, yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia. Saat ini dirawat di Mount Elizabeth Hospital.
  4. Kasus 415 merupakan WNI berusia 64 tahun, berjenis kelamin perempuan, yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dan merupakan anggota keluarga kasus 212. Saat ini dirawat di NCID.

Dengan ini, total sudah ada 19 kasus WNI yang telah dikonfirmasi positif COVID-19 di Singapura. Dari 19 WNI, satu orang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan, satu orang meninggal dunia dan 17 orang masih dirawat di rumah sakit.

“Dari 17 orang tersebut, sebanyak 15 orang dalam keadaan stabil dan 2 orang berada di ICU. KBRI akan terus melakukan pemantauan secara dekat dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan WNI tersebut,” jelas KBRI Singapura.

KBRI Singapura juga mengingatkan kepada seluruh WNI yang di Singapura maupun yang berencana mengunjungi Singapura mengenai status DORSCON Orange yang masih berlaku di Singapura.

“Sehingga kewaspadaan yang tinggi masih tetap diperlukan, khususnya apabila menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak peserta dan berkunjung ke tempat umum. Diharapkan seluruh WNI dapat mengikuti aturan dan imbauan dari pemerintah setempat dalam penanganan COVID-19,” ujar KBRI Singapura. (mb/detik)

News Feed