Cegah Corona, Pegawai Tua di DPR/MPR Diminta Bekerja di Rumah

Metrobatam, Jakarta – Kompleks Parlemen menerapkan aturan kerja dari rumah (working from home/WFH) merespons imbauan Presiden Joko Widodo dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan aturan itu diberlakukan mulai Senin (16/3). Aturan itu diberlakukan sampai waktu yang belum ditentukan.

Bacaan Lainnya

Aturan itu berlaku bagi yang tak terkait langsung dengan pelayanan publik, karyawan 50 tahun sampai yang sakit.

“Bagi pegawai dan pejabat yang tidak terkait langsung dengan pelayanan publik akan ditugaskan penyelesaian pekerjaan dari rumah,” kata Indra kepada wartawan, Senin (16/3).

Indra juga sudah meneken surat edaran bernomor terkait kebijakan bekerja dari rumah. Dalam surat tersebut dijelaskan bekerja dari rumah diperbolehkan bagi pegawai yang memiliki rumah jauh dan harus menggunakan transportasi umum ke kompleks parlemen.

Selain itu, pegawai yang sakit juga diminta bekerja dari rumah. Begitu pula dengan karyawan yang berusia 50 tahun ke atas.

Sementara itu, ada beberapa kategori yang masih diminta untuk bekerja di kantor, seperti karyawan bidang teknis. Selain itu, para pimpinan kesekjenan juga tetap diminta bekerja di Senayan.

DPR/MPR Terapkan Kerja dari Rumah kepada Sebagian PegawaiFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian

“Bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I), Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), dan Pejabat Administrator (Eselon III) yang memiliki kuasa terhadap unit kerjanya, tetap masuk kantor,” tulia Indra dalam surat tersebut.

Di samping menerapkan bekerja dari rumah, kompleks parlemen juga menerapkan pelarangan lembur. Mereka juga membekukan mesin pemindai sidik jari guna mencegah penularan. Selain itu, kompleks parlemen juga mensterilkan gedung dewan.

“Mulai besok sampai jumat akan dilakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh Kompleks Parlemen,” ucap Indra.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat unyuk beraktivitas dari rumah. Imbauan itu dibuat setelah 117 orang di Indonesia dinyatakan terjangkit virus corona.

“Kepada seluruh rakyat Indonesia saya harap tenang, tetap produktif agar penyebaran Covid-19 ini bisa kita hambat dan kita stop. Dengan kondisi ini, saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ucap Jokowi dalam jumpa pers pada Minggu (15/3). (mb/cnn indonesia)

Pos terkait