Ibunda Jokowi Wafat, Akan Dikebumikan di Desa Mundu Karanganyar

Metrobatam, Jakarta – Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tutup usia. Almarhumah akan dimakamkan di permakaman keluarga, hari ini (Kamis).

Informasi ini disampaikan oleh Wakil Menteri (Wamen) Desa PDTT, Budi Arie Setiadi, lewat surat lelayu, kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Read More

“Tempat pemakaman: Pemakaman Keluarga Mndu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar,” demikian bunyi surat lelayu itu.

Jenazah akan dimakampak pada Kamis (26/3) pukul 13.00 WIB siang besok. Jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka, di Jl Pleret Raya 9A, Banyuanyar, Solo, Jawa Tengah.

Ibunda Presiden Jokowi bernama lengkap Sudjiatmi Notomihardjo, tutup usia pada pukul 16.45 WIB tadi, di usia 77 tahun, di RS DKT Surakarta.

Sementara itu Kepolisian Jawa Tengah akan mengerahkan 1.600 personel untuk mengamankan rangkaian pemakaman ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, terutama agar tak ada kerumunan warga di tengah wabah virus corona.

Kepala Polda Jateng, Rycko Amelza Dahniel, mengatakan bahwa 1.600 personel itu akan disebar di sekitar rumah duka, sepanjang jalan menuju pemakaman, dan kompleks kuburan.

Panglima Kodam Diponegoro, Mochamad Effendi, kemudian menegaskan bahwa Jokowi juga meminta warga agar tidak berkumpul di sekitar kediaman ibunya di Solo untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Melihat situasi sekarang ini, warga diminta untuk menyampaikan belasungkawa ke ibunda presiden dari rumah,” ujar Effendi seperti dikutip kantor berita Antara.

Sujiatmi meninggal dunia pada Rabu (25/3) pukul 16.46 di Solo setelah berjuang melawan kanker selama empat tahun belakangan.

Lahir pada 15 Februari 1943, Sujiatmi menikah dengan Widjiatno Notomiharjo dan dikaruniai empat anak. Joko Widodo sendiri merupakan anak sulung yang lahir di Solo pada 21 Juni 1961.

Sosok Perempuan Hebat

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) turut berbela sungkawa atas meninggalnya ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo. PPP menilai ibunda Jokowi sebagai sosok perempuan hebat.

“PPP mengucapkan innalillahi wainna ilaihi rojiun atas wafatnya almarhumah hj Sudjiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran,” kata Wasekjen PPP Acmad Baidowi kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Baidowi mengatakan ibunda Jokowi berjasa karena telah melahirkan seorang pemimpin bangsa. Dia menyebut didikan Sudjiatmi menjadi bekal bagi Jokowi dalam memimpin 260 juta rakyat Indonesia.

“Eyang Sudjiatmi merupakan sosok perempuan hebat. Dari didikannya lahir lah seorang Jokowi yang sekarang memimpin Indonesia. Seorang Presiden yang lahir dari kalangan biasa dan ini menjadi inspirasi bagi generasi bangsa,” sebut Baidowi.

“Bahwa didikan dan ketauladan seorang ibu menjadi bekal bagi Jokowi untuk tampil sebagai pemimpin bagi 260 juta rakyat. Beliau berduka karena ditinggalkan oleh orang yang dicintainya di saat tenaga dan pikirannya fokus menyelesaikan COVID-19 yang melanda Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi) wafat di usia 77 tahun. Almarhumah akan dimakamkan di permakaman keluarga, esok hari.

“Tempat pemakaman: Pemakaman Keluarga Mndu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar,” demikian bunyi surat lelayu yang diterima dari Wakil Menteri (Wamen) Desa PDTT, Budi Arie Setiadi, Rabu (25/3). (mb/detik/cnn indonesia)

Related posts