Ini Detail Fasilitas Penanganan Virus Corona yang Ada di Pulau Galang

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan detail fasilitas terkait penanganan virus menular, termasuk virus Corona yang tengah disiapkan di Pulau Galang. Seperti apa fasilitas itu?

“Pemerintah melalui Kementerian PUPR tengah mempercepat pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, terutama Covid-19 di Pulau Galang. Lokasinya di bekas penampungan pengungsi Vietnam, sekitar 56 kilometer dari Kota Batam,” tulis Jokowi di Instagram resminya, Jumat (20/3/2020).

Jokowi menyebut fasilitas itu akan dibangun di lahan seluas 20 hektare. Ada 3 zona yang dibagi.

“Fasilitas di atas areal seluas 20 hektare ini terdiri atas Zona A yang meliputi gedung penunjang seperti mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house,” kata Jokowi.

Jokowi lanjut menjelaskan zona B dan zona C. Di sini nantinya bakal berdiri sejumlah fasilitas pendukung seperti ruang isolasi.

“Zona B yang terdiri atas fasilitas penampungan dan pendukung seperti ruang isolasi, ruang observasi, laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helikopter, dan zona utilitas. Terakhir Zona C disiapkan untuk tahap berikutnya bila dibutuhkan, memanfaatkan cadangan lahan,” jelas Jokowi.

Jokowi menyebut ketersediaan air di fasilitas penanganan virus Corona di Pulau Galang bakal berasal dari Waduk. Pembangunan fasilitas ini ditargetkan rampung sebelum pergantian bulan Maret 2020.

“Kebutuhan air bersih untuk fasilitas bersumber dari Waduk Monggak Rempang. Jaringan pipa transmisi air baku sepanjang 13,8 kilometer dari waduk telah terpasang,” ucap Jokowi.

“Saya menargetkan, pembangunan fasilitas ini selesai 28 Maret 2020,” jelasnya.

(mb/detik)

Loading...

Related posts