Kelurahan Penyengat Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 dan Periksa Kesehatan Warga

Metrobatam.com, Tanjungpinang  -Kelurahan Penyengat melaksanakan sosialisasi pencegahan covid-19 dan pemeriksaan kesehatan kepada warga yang berada di wilayah Kelurahan Penyengat, Kota Tanjungpinang, Jum’at (27/3/2020).

Lurah Penyengat, Al Imron menjelaskan sosialisasi tentang imbauan Wali Kota, Kapolri dan pemeriksaan kondisi kesehatan warga kami bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pustu, RT, RW dan dibantu tokoh masyarakat memberikan imbauan dari rumah ke rumah atau door to door.

Read More

“Tujuannya untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona,” ucapnya.

Ia menyebutkan wilayah kelurahan Penyengat terdapat 5 RW dan 11 RT. Lewat sosialisasi ini, Ia berharap isi imbauan Wali Kota dan Kapolri dapat diikuti seluruh masyarakat dan berperan aktif dalam pencegahan penularan virus corona.

Yaitu, dengan menghindari tempat-tempat keramaian, mengurangi aktifitas yang tidak penting di luar rumah, membiasakan pola hidup sehat dan bersih dan menjaga kesehatan, rajin berolahraga, selalu memakai masker apabila ada gejala demam, batuk, pilek, dan sesak napas. “Bila merasakan gejala tersebut segera memeriksa diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” katanya.

Selain melakukan sosialisasi dan pemeriksaan kondisi kesehatan warga, kelurahan Penyengat juga melakukan penyemprotan disinfektan di pelabuhan penyebrangan, pompong, dan Masjid.

Aksi yang sama juga dilakukan Kelurahan Sungaijang Kecamatan Bukit Bestari. Lurah Sungaijang, Feri Ismana bersama jajarannya melakukan sosialisasi door to door, mulai dari rumah makan, kedai kopi, dan supermarket di wilayanya.

Sosialisasi bertujuan untuk memastikan pemilik usaha mengikuti anjuran wali kota seperti mengatur jarak tempat duduk pelanggan, antrian di kasir, menyediakan hand sanitizer, mewajibkan karyawan memakai masker, dan menganjurkan agar makanan di bungkus dan di bawa pulang,”ujar dia.

Disamping itu, kita juga sudah melakukan sterilisasi gedung kantor kelurahan dengan menyemprotkan disinfektan di seluruh ruangan, membagikan masker kepada seluruh staf dan warga yang datang untuk pengurusan administrasi ke kantor lurah. “Kita juga menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun didepan pintu masuk kantor,” ujarnya.

(Budi MB)

Related posts