Polsek Batu Aji Tangkap 2 Pelaku Pembobol Rumah Kosong

Metrobatam.com, Batam – Kepolisian Sektor Batu Aji berhasil membekuk dua pelaku pembobol rumah kosong di kawasan SP Plaza, Batu Aji pada Minggu (15/3/2020). Dua pelaku berinsial JS dan IB sudah beraksi lebih dari belasan tempat kejadian perkara (TKP), menyasar rumah-rumah warga tanpa berpenghuni.

Kapolsek Batu Aji, Kompol Syafruddin Dalimunthe mengungkap, penangkapan pelaku berawal dari laporan masyarakat. Kemudian polisi memancing pelaku untuk bertemu melakukan transaksi jual hape curian merek Oppo di Jembatan penyeberangan SP Plaza. Namun saat didekati kedua pelaku malah kabur dan keduanya terpaksa harus menerima timah panas.

Read More

“Korban pemilik hape Oppo ini melihat hapenya dijual di Forum Jual Beli Batam. Dari situ kita pancing pelaku untuk bertemu pembeli,” terang Kompol Syafruddin saat konferensi pers di Mapolsek Batu Aji, Senin (23/3/2020) sore.

Sementara dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku beraksi di siang dan malam hari dengan menggunakan sepeda motor. Dimana pelaku JS bertugas sebagai eksekutor, sementata IB menjaga situasi di luar rumah.

Dari pengakuan kedua pelaku juga sudah membobol rumah dibeberapa lokasi. 4 TKP di Batu Aji, 6 TKP di Sagulung, 2 TKP di Sekupang dan 1 lokasi di kawasan Piayu. “Total yang ada laporan polisi 13 TKP, tapi banyak masyarakat yang tidak melapor,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pengembangan, polisi juga berhasil mengamankan AMS yang bertugas sebagai menjual hasil barang curian kedua pelaku.

Atas perbuatannya, kedua pelaku ini dikenakan pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara. Sedangkan penadah disangkakan pasal 480 KUHPidana dengan ancaman 4 tahun kurungan penjara.

(mb/tribratanews)

Related posts