Waduh, ‘Petai’ Raksasa Misterius Ini Dilarang Dimakan!

Metrobatam, Banjarnegara – Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara meminta warga tidak memakan buah menyerupai petai berukuran jumbo yang ditemukan di hutan. Buah yang sempat viral di media sosial itu bukan jenis ‘petai’.

“Kami sudah cek langsung, itu bukan petai,” kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara Totok Setya Winarna saat dihubungi detikcom, Selasa (24/3/2020).

Read More

Untuk itu, ia meminta kepada warga agar tidak mengonsumsi buah tersebut terlebih dahulu. Mengingat saat ini belum dilakukan penelitian lebih lanjut terkait keberadaan buah yang ditemukan di daerah Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara.

“Kepada warga, kami sudah menyampaikan agar jangan dikonsumsi dulu buah itu. Setidaknya menunggu hasil penelitiannya seperti apa. Apakah ada efek negatifnya atau tidak,” kata dia.

Penemuan buah yang mirip petai ini sempat viral di media sosial. Mengingat ukurannya jauh lebih besar dari ukuran petai normal. Panjang buah tersebut mencapai 120 sentimeter.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah juga ikut turun tangan menelusuri keberadaan pohon ‘petai’ raksasa yang bikin heboh di Banjarnegara. Tim diturunkan untuk memeriksa keberadaan pohon yang ditemukan warga di Desa Panawaren, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara.

“Sekarang, untuk sementara kami tengah mencari info letaknya di pohonnya. Kalau di cagar alam Pringombo 2 itu masuk wilayah BKSDA. Hari ini sudah ada tim yang turun untuk melihat pohonnya,” kata kepala Resort Konservasi Wonosobo, BKSDA Jawa Tengah Adi Antoro. (mb/detik)

Related posts