oleh

Diduga Supermarket Bless Jual Tabung Gas Kosong Elpiji 3 Kg Tanpa Izin

-BATAM, KEPRI-2.556 views

Metrobatam.com, Batam – Diduga Supermarket Bless yang berada di kawasan pertokoan dan bisnis Lytech Kecamatan Bengkong, menjual tabung gas kosong elpiji 3 Kg dengan harga murah pada konsumen. Untuk mengalihkan membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Mengenai dalam hal menjual tabung gas elpiji 3 Kg, kita jual murah hanya untuk membantu masyarakat selain itu juga harganya lebih murah dari harga yang dijual oleh Pertamina,”ujar Owner Bless Supermarket, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (06/04/2020).

Pada saat awak media memberitahukan kepada pihak owner tersebut,” untuk izin tabung gas kosong elpiji 3 Kg tidak ada, bahkan pihak nya minta maaf dalam hal tabung gas kosong elpiji 3 Kg untuk diperjualbelikan.” ungkapnya.

Begitu ditanya awak media asal pemasok tabung gas elpiji kosong 3 Kg ke Supermarket Bless ini, dengan nada indah dan lidah kaku, “tidak tahu dan lupa,” jelasnya.

Owner (pemilik) Supermarket Bless ( foto : Toni Mb)

 

“Mengenai tabung gas kosong atau berisi elpiji 3 Kg tersebut tidak boleh dijual di Supermarket. Untuk jual beli tabung kosong atau isi cuma boleh dijual agent atau pangkalan resmi,” kata Sales Branch Manager Pertamina Batam, William Handoko saat dikonfirmasi melalui Whatsapp, Senin (06/03/2020), Sore.

“Hanya agen pangkalan gas dan pangkalan resmi diperbolehkan jual beli tabung gas kosong dan isi elpiji 3 Kg, yang ditetapkan oleh PT Pertamina tersebut. Pertamina dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Batam akan menindak tegas yang melanggar aturan yang ada,”ungkap Wiliam.

Tambahan dari Kabid Disperindag kota Batam, Januar menjelaskan, dengan tabung gas kosong atau isi elpiji 3 Kg yang boleh menjual hanya PT Pertamina melalui agen yang telah ditunjukkan.

“Aktivitas tersebut, seharusnya dikeluarkan izinnya. Agar dapat dipergunakan dengan baik tabung gas elpiji 3 Kg tersebut,’ ujar Kabid.

“Jadi Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Batam dan PT  Pertamina Batam, dapat menindak tegas pada siapa saja yang menjual tabung gas kosong atau isi, akan ditindak UU Migas yang sudah diterapkan,”tegas Januar.

“Persoalan ini sudah banyak yang terjadi di tengah masyarakat, meledaknya tabung gas elpiji 3 Kg yang Aspal (asli tapi palsu) yang dapat merugikan masyarakat. Hingga sampai hilangnya nyawa akibat meledaknya tabung gas yang tidak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) tersebut,” jelasnya.

“Tapi saya sudah menyampaikan kepada tim dari Disperindag, agar turun ke lokasi Lytech Home Center Park di Supermarket Bless. Untuk itu tim menindak langsung tabung gas kosong elpiji 3 Kg yang dimiliki oleh Supermarket Bless,” terangnya.

Setelah tim menyelesaikan mengecek ke lokasi Supermarket Bless,  Selasa (07/04/2020), ternyata tabung gas kosong elpiji 3 KG tidak ada di dalam Supermarket Bless,” bebernya.

Awak media Metrobatam.com mendatangin untuk konfirmasi kepada tim Disperindag di lokasi Supermarket Bless mengenai tabung gas kosong elpiji 3 Kg  tersebut. Ternyata tidak ada tabung gas kosong elpiji 3 Kg di dalam Supermarket Bless.

“Untuk sementara ini tabung gas kosong elpiji 3 Kg Supermarket Bless sudah disimpan dan sembunyikan oleh pemilik,” awak media bertanya kepada tim Disperidag kota Batam.

(Toni S)

News Feed