Ini Langkah Tepat Memanaskan Mobil Bertransmisi Matik

ilustras

Metrobatam.com, (MB) – Performa mobil dengan transmisi otomatis atau matik bisa dijaga dengan langkah sederhana, termasuk dengan memanaskan mesin mobil setiap hendak digunakan. Cara ini bisa melindungi sistem transmisi karena sistem pelumas mulai mengalir dan bekerja saat mesin dipanaskan.

Langkah memanaskan mobil bertransmisi matik tidak perlu dilakukan dalam durasi lama. Pengemudi cukup menyempatkan waktu sekitar satu menit untuk memanaskan mesin mobil bertransmisi matik, sebelum menggunakan mobil tersebut di jalan raya.

Bacaan Lainnya

Saat pengendara memanaskan mesin mobil, penting untuk memasukkan transmisi pada posisi P. Langkah ini lebih aman dibandingkan menempatkan transmisi pada posisi N, karena pengemudi bisa secara reflek menekan pedal gas dan membuat mobil lompat.

Kebiasaan memasang pada posisi N ini muncul, akibat adanya mitos bahwa pelumas transmisi mobil matik tidak akan mengalir jika mobil masih berada di posisi P. “Sistem pelumasan sendiri masih mengalir walau tidak secepat ketika gigi berada di posisi N,” ujar pemilik sebuah bengkel mobil di Jakarta, Maulana.

Hal lain yang perlu diperhatikan pengemudi adalah saat memindahkan gigi dari N menuju D jelang berkendara. Tidak disarankan untuk langsung melakukan akselerasi namun secara perlahan menjalankan kendaraan dengan mengangkat kaki dari pedal rem, karena perpindahan transmisi otomatis juga membutuhkan jeda waktu setidaknya sedetik.

(okezone/and)

Pos terkait