27 Mei 2020 di Batam, Kasus Baru Positif Covid-19 Tambah 13 Orang, Total Menjadi 109 Orang

KETUA TIM GUGUS TUGAS COVID-19 KOTA BATAM, H. MUHAMMAD RUDI

Metrobatam.com, Batam – Pada hari ini Rabu, 27 Mei 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari cluster terkonfirmasi positif Nomor. “32” WNA yang telah meninggal dunia dan Nomor. 49 yang masih dalam perawatan di rumah sakit serta Kasus baru dari warga Kota Batam yang saat ini dalam perawatan di ruang isolasi rumah sakit swasta di Kota Batam.

Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 13 (tiga belas) orang Warga Kota Batam yang terdiri atas 5 (lima) Orang Perempuan dan 8 (delapan) orang Laki-laki.

Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut :

Bacaan Lainnya

1. Seorang laki-laki berinisial “An.YPDP” usia 22 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kolam Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 97 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 14 Mei 2020 pernah berbincang-bincang selama lebih kurang 2 (dua) jam dengan temannya yang merupakan kasus terkonfirmasi positif Nomor. “75” (IBS) yang saat ini sedang dalam masa perawatan isolasi di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE) dan tracing yang dilakukan, maka pada tanggal 20 Mei 2020 dilakukan RDT kepada yang bersangkutan dengan hasil “Non Reaktif” dan selanjutnya pada tanggal 22 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan, yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan kesimpulan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam persiapan proses perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

2. Seorang anak Baduta perempuan berinisial “By.KDS, usia 1,3 Tahun, beralamat di kawasan perumahan kampung Seraya Kelurahan Seraya Kecamatan Batu Ampar Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 98 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal22 Mei 2020 oleh ibu kandungnya dibawa berobat kesalah satu rumah sakit swasta di dekat tempat tinggalnya dengan gejala demam yang disertai kejang dan mencret sejak satu hari sebelumnya.

Berdasarkan kondisinya tersebut kemudian dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit dan pada pagi harinya tanggal 23 Mei 2020 terlihat kondisi yang bersangkutan semakin memburuk dengan timbulnya kejang dan kesadarannya menurun. Oleh dokter dilakukan upaya penanganan secara optimal dengan melakukan tindakan RJP, namun pada jam. 08.40 WIB yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia dan selanjutnya dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan kesimpulan terkonfirmasi “Positif”.

3. Seorang laki-laki berinisial “Tn.G” usia 64 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan kavling Bakau serip Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 99 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 22 Mei 2020 memeriksakan dirinya ke salah satu rumah sakit di kawasan Seraya Lubuk Baja Kota Batam dengan keluhan mengalami demam serta batuk selama dua hari dan memiliki riwayat penyakit TB yang sudah putus obat sejak januari 2020.

Sehubungan dengan riwayat penyakitnya tersebut dilakukanlah perawatan di ruang isolasi dan dilanjutkan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 97 – 109 Dari Hasil Tracing Closes Contact Kasus Nomor. 32, 49 dan Kasus Baru 27 Mei 2020 Puku 17.00 WIB Reaktif”.

Kemudian pada keesokan harinya tanggal 23 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif” Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan cukup stabil dan saat ini masih dalam perawatan isolasi di rumah sakit tempatnya berobat.

4. Seorang laki-laki berinisial “Tn.LAS” usia 34 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Sukajadi Kelurahan Sukajadi Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 100 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 13 Mei 2020 memeriksakan dirinya ke Puskesmas Baloi Permai karena sebelumnya mengalami keluhan batuk lebih kurang selama sepuluh hari, dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”.

Kepada yang bersangkutan diberikan obat dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumah serta dianjurkan datang kembali ke puskesmas pada tanggal 22 Mei 2020 untuk pemeriksaan RDT yang kedua dengan hasil diperoleh kembali “Non Reaktif”. Selanjutnya pada tanggal 23 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSE-BK yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

5. Seorang perempuan berinisial “Ny.RrEM” usia 46 Tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Palm Spring Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 101 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah keluarga dari Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang telah meninggal dunia.Sehubungan dengan meninggalnya almarhum tersebut maka dilakukan pemeriksaan RDT dan Swab kepada seluruh anggota keluarga yang tinggal dirumah tersebut.

Kemudian pada tanggal 23 Mei 2020 kepada yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya telah diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

6. Seorang laki-laki berinisial “Tn.RAM” usia 41 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 102 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan jemaat pada salah satu gereja yang ada di Kota Batam, dan pernah closes contact dengan temannya terkonfirmasi kasus positif nomor. 49 dan pendetanya yang merupakan terkonfirmasi nomor. 82 yaitu pada saat pertemuan dalam rangka persiapan ibadah online.

Menindaklanjuti hasil tracing terhadap kasus Nomor. 49 dan 82 tersebut kepada yang bersangkutan pada tanggal 23 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam persiapan untuk dilakukan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

7. Seorang perempuan berinisial “Nn.LR” usia 21 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Palm Spring Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 103 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah keluarga dari Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang telah meninggal dunia.Sehubungan dengan meninggalnya almarhum tersebut maka dilakukanlah pemeriksaan RDT dan Swab kepada seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Kemudian pada tanggal 23 Mei 2020 kepada yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya telah diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”

Sejauh ini kondisi yang dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam persiapan untuk perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSBP Batam Kota Batam.

8. Seorang laki-laki berinisial “Tn.DM, usia 29 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Palm Spring Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 104 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah keluarga dari Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang telah meninggal dunia.Sehubungan dengan meninggalnya almarhum tersebut maka dilakukanlah pemeriksaan RDT dan Swab kepada seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Kemudian pada tanggal 23 Mei 2020 kepada yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya telah diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

9. Seorang laki-laki berinisial “Tn.MRD” usia 19 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Palm Spring Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 105 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah Anak Kandung dari Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang telah meninggal dunia. Sehubungan dengan meninggalnya almarhum tersebut maka dilakukanlah pemeriksaan RDT dan Swab kepada seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Kemudian pada tanggal 23 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan kepada yang bersangkutan bersama ibunya yang hasilnya telah diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif” sedangkan ibunya dinyatakan terkonfirmasi “Negatif” dan saat ini sedang dalam persiapan untuk dilakukan kembali pemeriksaan swab tenggorokan yang kedua.

Sejauh ini kondisi yang dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

10. Seorang laki-laki berinisial “Tn.BF” usia 25 Tahun, Swasta, , beralamat di kawasan perumahan Palm Spring Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 106 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah keluarga dari Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang telah meninggal dunia.Sehubungan dengan meninggalnya almarhum tersebut maka dilakukanlah pemeriksaan RDT dan Swab kepada seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Kemudian pada tanggal 23 Mei 2020 kepada yang bersangkutan bersama istrinya kasus terkonfirmasi positif nomor 103, dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya telah diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam persiapan untuk perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSBP Batam.

11. Seorang laki-laki berinisial “Tn.RPJP” usia 30 Tahun, ASN Instansi Vertikal, beralamat di kawasan perumahan GMP Sei Pancur Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sei Beduk Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 107 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 12 Mei 2020 melakukan RDT dengan hasil “Non Reaktif”, kemudian pada tanggal 20 Mei 2020 merasa sedikit demam sehingga pada tanggal 22 Mei 2020 kembali melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”. Mengingat yang bersangkutan pernah merasa demam dan untuk memastikan kesehatannya maka pada keesokan harinya tanggal 23 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

12. Seorang perempuan berinisial “Ny. SSS” usia 52 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Purimas Batam Centre Kelurahan Sei Panas Kecamatan Batam Kota Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 108 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan jemaat pada salah satu gereja yang ada di Kota Batam, dan pernah closes contact dengan temannya sesama jemaat terkonfirmasi kasus positif nomor. 49 dan pendetanya yang merupakan terkonfirmasi nomor. 82 yaitu pada saat pertemuan dalam rangka persiapan ibadah online.

Menindaklanjuti hasil tracing terhadap kasus Nomor. 49 dan 82 tersebut kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan pada tanggal 23 Mei 2020 yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam persiapan untuk dilakukan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

13. Seorang remaja perempuan berinisial “Nn. ES” usia 17 Tahun, Pelajar, beralamat di kawasan perumahan Palm Spring Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 109 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah keluarga dari Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang telah meninggal dunia.Sehubungan dengan meninggalnya almarhum tersebut maka dilakukanlah pemeriksaan RDT dan Swab kepada seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Kemudian pada tanggal 23 Mei 2020 kepada yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya telah diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Sesuai dengan dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini, terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum.

KETUA TIM GUGUS TUGAS COVID-19 KOTA BATAM,  H. MUHAMMAD RUDI.

(Metrobatam.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *