Ketahuilah, Ini Tanda-tanda Sebelum Datangnya Kematian

Ilustrasi

Metrobatam.com, (MB) – Kematian menjadi kerahasiaan Sang pemilik semesta. Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali yang dikenal dengan Imam al-Ghazali diriwayatkan telah mengetahui tanda-tanda kematian.

Imam Al-Ghazali diriwayatkan telah mempersiapkan diri dalam menghadapi sakaratul maut.

Mulai dengan mandi, berwudu dan mengenakan kain kafan hingga sebatas tubuhnya karena untuk bagian kepala beliau meminta bantuan kakaknya, yaitu Imam Ahmad.

Hingga akhirnya beliau wafat ketika sang kakak mengkafani bagian wajahnya. Tanda-tanda akan datangnya kematian menurut Imam Al-Ghazali adalah seperti berikut ini:

Bacaan Lainnya

Tanda-tanda Kematian 100 hari Pertama

Tanda kematian di 100 hari sebelum ajal menjadi peringatan bagi hamba yang dikehendaki-Nya. Karena pada dasarnya semua umat muslim akan merasakan tanda ini, hanya saja kemungkinan ada yang menyadari sebagai tanda kematian namun ada pula yang mungkin mengabaikannya.

Adapun tandanya lazim terjadi setelah waktu Asar, dimana seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki seolah bergetar hingga menggigil.

Bagi mereka yang menyadari tanda ini tentu akan memanfaatkan waktu hidupnya dengan sebaik mungkin untuk mencari bekal yang akan dibawa mati nanti.

Tanda Kedua 40 Hari Sebelum Kematian

Tanda kematian di 40 hari sebelum ajal lazim terjadi setelah waktu Asar, dimana pada bagian pusat akan terasa berdenyut. Selain itu diriwayatkan pula bahwa sebelum ajal menjemput telinga terasa berdengung secara terus menerus.

Tanda Ketiga 7 Hari Sebelum Kematian

Pada orang yang tengah sakit keras, pada hari ke-tujuh menjelang kematian selera makan justru meningkat sehingga ingin menikmati makanan tertentu sesuai keinginannya.

Tanda Keempat 3 Hari Sebelum Kematian

Lazim dirasakan adanya denyutan pada tengah dahi, nafsu makan menurun atau bahkan tidak mau makan. Mata akan terlihat memudar sehingga tidak lagi bersinar, hidung perlahan turun, telinga terlihat layu dan telapak kaki sukar ditegakkan.

Tanda Kelima 1 Hari Sebelum Kematian

Sesudah waktu Asar, akan terasa sebuah denyutan pada bagian ubun-ubun sebagai pertanda bahwa tidak akan menemui waktu Asar di keesokan harinya.

Tanda Akhir Dimana Kematian Telah Datang

Akan terasa dingin di bagian pusat hingga turun ke pinggang selanjutnya menjalar naik ke bagian halkum, sehingga harus senantiasa berdzikir dan mengucapkan kalimat syahadat secara terus menerus sampai malaikat maut menghampiri dan menjemput ruh untuk kembali kepada Allah yang memilikinya.

(dream)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *