Sukseskan Pemilu di Tengah Pandemi Covid-19, Wali Kota Batam Pesan Patuhi Protokol Kesehatan

Metrobatam.com, Batam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah mengeluarkan tata cara dan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) saatpandemi virus Corona (Covid-19). Rencananya pilkada serentak akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 sebagaimana Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengajak seluruh masyarakat dan pihak yang terlibat untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada serentak. Kota Batam sendiri akan melaksanakan pemilihan wali kota dan wakil wali kota serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Kepri.

“Penyelenggaraan pemilu kali ini tentu berbeda, karena akan diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19,” kata Rudi saat menghadiri pelantikan PPS di Kantor Camat Nongsa, Senin (15/6).

Karena itu pihaknya berpesan agar dalam melaksanakan setiap tahapan pilkada agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Penyelenggaraan pilkada akan dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu, namun menurut dia secara garis besar sukses atau tidaknya pemilu merupakan tanggung jawab kepala daerah.

Bacaan Lainnya

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, pihaknya berharap pilkada serentak di Kota Batam bisa berjalan dengan sukses. Karena itu sebagai Wali Kota Batam saat ini pihaknya berpesan agar panitia penyelenggara bisa melakukan sosialisasi dengan baik kepada masyarakat agar dapat menggunakan haknya pilihnya.

“Protokol kesehatan harus terus diterapkan, kemudian sosialisasi juga harus jalan. Karena bisa mungkin masyarakat lebih memilih di rumah saja dibanding datang ke TPS. Maka itu sosialisasikan dengan baik,” pesan Rudi.

Rudi berharap partisipasi masyarakat Kota Batam bisa lebih dari angka 70 persen. Sebab salah satu indikator keberhasilan pilkada salah satunya adalah tingginya pertisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Sehingga siapa saja yang terpilih nantinya benar-benar pilihan masyarakat.

“Tugas kita berat, tapi mudah-mudahan pelaksanaan pilkada serentak bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Tak hanya di Kecamatan Nongsa, Rudi juga menghadiri langsung pelantikn PPS di Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Galang. Pihaknya ingin memastikan bahwa panitia penyelenggara pemilu sudah benar-benar siap untuk melaksanakan pemilu akhir tahun 2020 mendatang.

“Anggaran pemilu dari APBD dan sudah kita anggarkan. Mari sukseskan Pilkada serentak 2020,” katanya.

(mcb/mb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *