oleh

17 Juli 2020 di Batam, Tambah 3 Kasus Baru Positif Covid-19 dan 1 Dinyatakan Sembuh

Metrobatam.com, Batam – Pada hari ini Jum’at, 17 Juli 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan dari kasus baru di Kota Batam.

Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 3 (tiga) orang laki-laki yang terdiri dari 2 (dua) orang warga Kota Batam dan 1 (satu) orang warga pendatang.

Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut:

1. Seorang laki-laki berinisial “Tn.AMS” usia 67 tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Kavling Seroja, Kelurahan Sungai Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 268 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 14 Juli 2020 dibawa oleh keluarganya berobat ke RSUD Embung Fatimah Batam dengan keluhan sudah dua hari sebelumnya mengalami kelemahan anggota gerak tubuh sebelah kiri tanpa ada keluhan demam, batuk filek maupun sesak nafas, namun diketahui memiliki riwayat Stroke tiga tahun yang lalu.

Berdasarkan anamnesa tersebut dokter melakukan pemeriksaan yang intensif antara lain berupa pemeriksaan foto thorax dengan hasil “Infiltrat minimal” dan dilanjutkan dengan pemeriksaan RDT yang hasilnya diperoleh “IgG Reaktif” dengan demikian selanjutnya dokter pemeriksa menegakan diagnosa “PDP Covid19+Hemiparese Sinistra ec. Susp SNH dd Massa Intrakranial” kemudian dilakukan perawatan isolasi di gedung Tun Sundari.

Sehubungan dengan kondisinya tersebut dilakukanlah pengambilan swab tenggorokon terhadap yang bersangkutan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini kondisi yang bersangkutan masih ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina intensif Tun Sundari RSUD Embung Fatimah Batam dalam keadaan lemah dan tidak stabil.

2. Seorang laki-laki berinisial “Tn.AU” usia 55 tahun, Tukang Bangunan beralamat sementara di kawasan perumahan Kavling Mangsang Lestari, Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 269 Kota Batam.

Yang bersangkutan mengatakan adalah warga Kota Padang Sumatera Barat dan sudah sejak bulan Februari lalu tinggal di tempat anaknya yang sudah bekerja dan menetap di Kota Batam.

Sehubungan rencana kepulangannya ke Kota Padang pada tanggal 13 Juli 2020 yang bersangkutan memeriksakan diri ke klinik Thamrin Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan dengan hasil “reaktif”.

Mengingat hasil RDT tersebut pihak klinik kemudian menyerahkan pemantauan dan penanganan selanjutnya ke Puskesmas Sei Pancur sesuai dengan alamat/domisili tempat tinggalnya dan diedukasi untuk dievakuasi ke RSKI Covid-19 guna melaksanakan karantina/isolasi di rumah sakit tersebut.

Pada keesokan harinya tanggal 14 dan 15 Juli 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang dilakukanlah pemeriksaan Swab Tenggorokan pertama dan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

3. Seorang laki-laki berinisial “Tn.MHP” usia 37 tahun, Instalatur Listrik, beralamat di kawasan perumahan Tembesi Pos lestari Kebun Sayur Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 270 Kota Batam.

Pada tanggal 13 Juli 2020 yang bersangkutan bersama istri dan anaknya memeriksakan diri ke Klinik Kanaka Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT guna memenuhi persyaratan penerbangan ke Jakarta dengan hasil yang bersangkutan dinyatakan “Reaktif” sedangkan istri dan anaknya dinyatakan “Non Realtif”.

Mengingat hasil pemeriksaan RDT tersebut selanjutnya pemantauan dan penanganan yang bersangkutan dilakukan oleh Puskesmas Sungai Langkai sesuai dengan alamat tempat tinggalnya dan diedukasi untuk dievakuasi ke RSKI Covid-19 guna melaksanakan karantina/isolasi di rumah sakit tersebut.

Pada keesokan harinya tanggal 14 dan 15 Juli 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang dilakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan pertama dan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini Terkonfirmasi Positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Satu Pasien Dinyatakan Sembuh

Pada hari ini Jum’at, 17 Juli 2020, pukul 16.00 WIB kembali disampaikan perkembangan kasus COVID-19 di Kota Batam menuju trend positif seiring bertambahnya pasien terkonfirmasi positif sembuh yang merupakan warga Kota Batam terkonfirmasi positif Nomor.244 yang saat ini dalam perawatan pada Rumah Sakit di Kota Batam.

Berikut disampaikan daftar nama yang bersangkutan beserta kronologis hasil pemeriksaan swab yang diterima dari BTKLPP Batam, sebagai berikut :

Dengan demikian berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKLPP Batam tersebut, maka oleh Tim Medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Saat ini kondisi yang bersangkutan semua dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian/karantina mandiri di rumahnya selama 14 hari.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum. Ketua Tim Gugus tugas Covid-19 Kota Batam H. Muhammad Rudi.

(Metrobatam.com)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed