Update 25 Juli 2020 di Batam, Tambah 2 Kasus Baru Positif Covid-19

Ilustrasi

Metrobatam.com, Batam – Pada hari ini Sabtu, 25 Juli 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan dari kasus baru di Kota Batam. Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 2 (dua) orang laki-laki warga Kota Batam.

Read More

Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut:

1. Seorang laki-laki berinisial “Tn.YEP” usia 24 tahun, Security Bank BUMN di Kawasan Mukakuning, beralamat di kawasan perumahan Marina Garden, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 277 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan rekan sekerja dari kasus Terkonfirmasi positif nomor. “272” yang saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 RSBP Batam.

Perlu diketahui sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap kasus nomor 272 tersebut oleh Tim Surveillance Dinas Kesehatan Kota Batam, maka pada tanggal 23 Juli 2020 bertempat di RSUD Embung Fatimah Batam dilakukan pengambilan swab tenggorokan kepada yang bersangkutan bersama rekan kerja lainnya, dimana hasil pemeriksaan yang bersangkutan diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam persiapan untuk evakuasi guna ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

2. Seorang laki-laki berinisial “Tn.S” usia 39 tahun, Pelaut / Crew Kapal Pandu, beralamat di kawasan perumahan Marcelia Batam Centre, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 278 Kota Batam.

Pada tanggal 21 Juli 2020 yang bersangkutan datang berobat ke Klinik Advent Tiban dengan Keluhan demam yang dirasakannya beberapa hari sebelumnya, Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, guna penanganan lebih lanjut yang bersangkutan akhirnya dirujukke RS Harapan Bunda Batam dengan diagnosis “Susp. DBD”.

Namun demikian yang bersangkutan baru datang berobat ke IGD RS Harapan Bunda pada tanggal 23 Juli 2020. Selanjutnya oleh dokter dilakukan pemeriksaan secara intensif antara lain berupa pemeriksaan laboratorium lengkap dan Rontgen Thorax, yang hasilnya : “Bronkopneumonia Kanan” dan dilanjutkan juga dengan pemeriksaan RDT dengan kesimpulan “IgG Reaktif”.

Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut oleh dokter pemeriksa ditegakkanlah diagnosa “ Bronkopneumonia + Susp. Covid-19” dan harus menjalani rawat inap di ruang isolasi, tetapi yang bersangkutan menolak dan meminta pulang paksa untuk dirawat sendiri di rumahnya walaupun telah diedukasi sedemikian rupa.

Namun demikian sebelum yang bersangkutan pulang ke rumah dilakukanlah pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam persiapan untuk evakuasi guna ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum.

(lawancorona.batam/metrobatam.com)

Related posts