Pemko Salurkan 26.037 Seragam Gratis untuk SD dan SMP se-Kota Batam

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama Bank Riau Kepri dan bank lainnya menyalurkan sebanyak 26.037 seragam bagi siswa baru SD dan SMP se-Kota Batam.

“Penyaluran untuk SD sebanyak 12.467 seragam. Sedangkan untuk peserta didik SMP sebanyak 13.570 seragam,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad saat menghadiri penyerahan secara simbolis seragam untuk SMP wilayah Batuaji dan Sagulung di SMP Negeri 9 Batam di Sagulung, Selasa (11/8/2020).

Read More

Menurutnya, ide bantuan seragam ini tercetus dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang prihatin dengan kondisi masyarakat, khususnya wali murid di tengah pandemi Covid-19. Keresahan walikota tersebut beralasan selain masyarakat sulit, kondisi pendapatan daerah juga terpengaruh pandemi.

Hingga akhirnya, dalam satu kesempatan pihak BRK menyampaikan akan berpartisipasi membantu pengadaan seragam bagi siswa baru Batam, melalui program CSR.

“Walau sekarang sulit bapak ibu sekalian, kami pemerintah tak akan tinggal diam. Saya dan pak wali tak henti-hentinya berusaha untuk kalian. Kita patut berterima kasih juga kepada Bank Riau Kepri,” papar dia.

Ia menyebutkan, sektor pendidikan mendapat perhatian serius dari pemerintah, tentu tanpa mengacuhkan sektor lain dalam pembangunan fisik maupun non fisik Kota Batam.

“Pendidikan mendapat perhatian serius dari kami. Terjaminnya pendidikan bagi anak-anak sangat penting, mereka penerus kita di masa depan. Terkait ada yang masih kurang dalam pendidikan kita, akan kami urai dengan memperhatikan skala prioritas,” jelasnya.

Amsakar mengingatkan kembali sejarah yang mengiringi perang dunia II, terkhusus sejarah Jepang pasca Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh sekutu. Kaisar Jepang saat itu, Kaisar Hirohito mempertanyakan berapa guru yang tersisa.

“Ini menandakan bahwa pendidikan memiliki peranan penting bagi masa depan dan keberlangsungan pembangunan,” kata dia.

Selain itu, Amsakar mengingatkan kembali perintah Allah perihal membaca pada surat yang diturunkan pertama kali saat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yakni Al-Alaq ayat 1-5. Sementara dalam surah lain, disebutkan bahwa Allah SWT akan mengangkat derajat hambanya yang berilmu.

“Soal pentingnya pendidikan saya pikir juga menjadi perhatian agama apapun. Pendidikan akan mengantarkan kita pada suksesnya dunia dan akhirat. Maka perlu kita desain pendidikan ini sebaik mungkin,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Hendri Arulan dalam laporannya menyampaikan, bantuan seragam tingkat SMP wilayah Batuaji dan Sagulung mencapai 4.396 seragam.

“Untuk wilayah Sagulung sebanyak 3.082 seragam yang tersebar pada 11 sekolah. Sedangkan, Batuaji tersebar pada empat sekolah jumlah seragam yang dibagikan yakni 1.314 seragam,” papar dia.

Sementara itu, perwakilan wali murid Agus Supriantono menyebutkan, penyaluran seragam gratis bagi siswa ini merupakan bukti hadirnya pemerintah di tengah masyarakat.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih banyak,” pungkasnya.

(mcb/mb)

Related posts