Wali Kota Batam: Covid-19 Belum Usai, Jangan Pernah Bosan Terapkan Protokol Kesehatan

Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad tidak bosan mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan. (foto: MCBatam)

Metrobatam.com, Batam – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan pandemi Covid-19 belum berakhir. Sebelum vaksin ditemukan, salah satunya cara yakni mencegah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Untuk itu ia meminta masyarakat tetap teratur memakai masker, menjaga jarak, menjaga kebersiahan diri dan lingkungan serta rajin berolahraga.

Read More

“Saya titip, jangan berhenti laksanakan dan sosialisasikan penerapan protokol pencegahan Covid-19, termasuk saya minta peran ibu-ibu kader posyandu dan kader keluarahan siaga,” ajak Rudi pada acara penyerahan insentif secara simbolis bagi kader posyandu dan kader kelurahan siaga Kecamatan Sekupang di
Batam Tourism Polytechnic, Kamis (6/8/2020).

Menurut Rudi, pemerintah memang bertugas memastikan warganya aman dari penyakit tersebut. Namun demikian, ia menyebutkan upaya pencegahan Covid-19 tidak bisa lepas dari peran kolektif semua lapisan masyarakat.

“Dari pemerintah, kami tidak akan pernah berhenti hingga Covid ini berlalu. Kami akan bekerja terus,” imbuhnya.

Ia mengaku, perihal ini yang membuat dirinya dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad tidak bosan mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan.

“Khusus ibu-ibu kader, kalau kalian sakit siapa yang bantu anak-anak kita. Peran ibu-ibu sangat penting dan Inshaa Allah peran ini akan jadi amal ibu-ibu,” kata dia.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyampaikan hal serupa. Ia berharap, para kader juga ikut andil mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kader dapat menjadi perantara pesan terkait upaya menekan penyebaran Covid-19. Sampaikan agar tetap teratur pakai masker, jaga jarak, jaga kesehatan dan berolahraga,” ujarnya.

Menurutnya, momentum silaturahmi dapat menjadi sarana menampung aspirasi sehingga dapat diteruskan dalam bentuk kebijakan. Tentu, lanjut dia, selain mendekatkan pimpinan daerah dengan masyarakat.

“Dengan demikian kebijakan akan tepat sasaran,” ujarnya.

Amsakar mengatakan, jika Covid-19 teratasi ekonomi Batam juga akan kembali berkembang. Bukan rahasia umum, pandemi Covid-19 turut memukul sektor ekonomi.

“Mau ekonomi kembali bangkit? mari kita sama-sama menekan penyebaran Covid-19,” ujar dia.

Perwakilan kader Psoyandu Sekupang Marni menyampaikan ucapan terimakasih atas arahan Rudi dan Amsakar. “Doa kami menyertai perjuangan bapak membangun daerah ini,” kata dia.

Terkhusus insentif, ia menyebutkan bantuan tersebut cukup berarti bagi para kader. “Mohon pak, insentif ini tetap ada,” harap dia.

(mcb/mb)

Related posts